Media Relation Tantangan Praktisi Public Relation
Jakarta BSI News
Mahasiswa Fakultas Ilmu
Komunikasi (FIKOM) kembali mengikuti Workshop,
kali ini adalah Workshop Produksi
Media Kehumasan yang diselenggarkan di gedung Pasca Sarjana Universitas BSI
Bandung, Senin, 22 Juni 2015.
Workshop yang diikuti oleh 25 orang peserta dari kelas Public Relation ini berlangsung 3 jam,
dari pukul 09.00-12.00 WIB. Walaupun workshop ini diadakan saat bulan puasa,
namun para mahasiswa, dosen, serta
pemateri tetap bersemangat untuk menjalankan kegiatan yang sarat akan ilmu komunikasi
ini.
Materi yang dibawakan oleh Suherlan
selaku Kepala Humas di PT. Pikiran Rakyat Bandung itu menjadi ilmu pengetahuan
baru bagi para peserta seminar, pasalnya Suherlan selaku pemateri menyampaikan
banyak pengalaman mengenai menjadi seorang humas di dunia praktisi.
Workshop yang bertemakan “Media Relation Tantangan Praktisi Public Relations” ini mengharuskan
para peserta seminar mengetahui apa yang menjadi tugas seorang humas. Tugas -tugas tersebut diantaranya ialah menciptakan dan membangun citra positif,
menciptakan pemahaman antara perusahaan dan publiknya, membentuk opini publik
yang favorable serta membentuk goodwill dan kerjasama.
Suherlan menyebutkan, bahwa
menjadi seorang Humas juga harus mengenal media massa dan mengenal dunia
wartawan, serta mampu mengemban tugas dan kewajiban dari seorang wartawan
seperti mencari, menggali dan mengembangkan berita dalam tulisan di media
massa.
Sebagai pemateri yang didatangkan
langsung dari perusahaan media cetak ternama di kota Bandung, Suherlan
menerangkan dan mengajarkan kepada peserta workshop
mengenai seluk beluk berita, apakah berita itu dan bagaimanakah cara kita menulis
berita yang baik dan benar dengan rumus berita 5W + 1H, yakni What, Who, When, Where, Why + How.
Para peserta seminar yakni kelas 45.4B.33
Public Relation Fakultas Ilmu
Komunikasi ini dilatih untuk membuat berita, serta berita yang mereka buat
sendiri di bacakan sendiri di hadapan para peserta seminar lainnya pada saat
workshop tersebut berlangsung. Hal ini dilakukan untuk melatih kemampuan mereka
dalam membuat berita yang benar sebagai calon praktisi public relations.
Harapan dari diadakannya workshop produksi media kehumasan ini
ialah untuk melahirkan generasi humas yang mengerti akan tugas dan kewajiban
yang diemban dalam meningkatkan kualitas sebagai calon praktisi humas lulusan
Universitas BSI Bandung. (dem)