Dosen Stmik Nusa Mandiri Jakarta Melakukan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Pelatihan Microsoft Excel Untuk Dkm Masjid Al-Muttaqin

0 27

Jakarta BSI-News

 

Sebagaimana dijelaskan dalam Tridharma Perguruan Tinggi, setiap dosen di wajibkan untuk melakukan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berlokasi di Masjid Al-Muttaqin Bekasi dengan peserta para DKM Masjid Al-Muttaqin. Dimana Bapak Ibu DKM Masjid Al-Muttaqin ini sangat aktif dan antusias dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan yang mungkin nantinya akan berguna bagi kegiatan para guru-guru dalam kegiatan sehari-harinya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 24-26 Nopember 2018 dan lokasi Masjid Al-Muttaqin beralamat di Jalan Jatikramat Indah 2, Gang Mangga 3, Jatikramat Jatiasih Kota Bekasi-Jawa Barat 17421.               

 

Selain dosen yang menjadi tutor dari pengabdian masyarakat ini STMIK Nusa Mandiri Jakarta juga mengikutsertakan mahasiswanya untuk ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini Tema dari pengabdian masyarakat ini adalah Pelatihan Microsoft Excel. Pelatihan ini sangat bermanfaat menambah ilmu pengetahaun mengenai komputerisasi data dan sebagai penunjang bagi para guru dalam hal mempermudah pengelolaan data yang dapat digunakan dalam Penyusunan RAPB (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja). Tambahan yang didapat selama mengikuti pengabdian sehingga memudahkan dalam mengerjakan pengolahan data RAPB (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja) yang berkaitan dengan tabel menggunakan Ms.Excel untuk mengetahui mengenai pembelajaran mengenal pembuatan tabel dan modifikasi tampilan tabel dengan microsoft excel selain itu memberikan gambaran bahwa Ms.excel tidak hanya digunakan untuk membuat tabel data saja, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat rumus secara otomatis sehingga jika para Bapak/Ibu DKM Masjid Al-Muttaqin membuat data nilai maupun absensi tidak perlu menghitung nilai secara manual, hanya tinggal memasukkan rumus yang diinginkan makan angka akumulasi akan keluar secara otomatis.

 

Menurut Ibu Wida Prima Mustika, M.Kom selaku Tutor menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan STMIK Nusa Mandiri adalah penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berupa pelatihan dan menyampaikan pengetahuan mengenai teknologi bagi masyarakat khususnya untuk para Bapak Ibu DKM Masjid Al-Muttaqin. Adapun bentuk kegiatannya adalah pelaksanaan pengabdian Masyarakat dalam bentuk pengajaran seperti pelatihan, pemaparan teori serta praktek yang dilakukan di Masjid Al-Muttaqin.

 

Di bawah tanggung jawab Bapak  Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd dan Ibu Siti Marlina, M.Kom sebagai Ketua Pelaksana serta Ibu Wida Prima Mustika, M.Kom selaku Tutor dengan anggotanya Ibu Yuyun Yuningsih, M.Kom dan Bapak Syarif Hidayatulloh, M.Kom, Rizki Anita Putri dan Mega Fidia Penta selaku mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat dan sangat senang dengan ilmu komputer. Dalam  kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, peserta mendapatkan modul pengabdian masyarakat dan Sertifikat.

 

Melalui cara ini lah dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengabdikan dirinya. Pengabdian kepada masyarakat ini bersifat secara terus-menerus, dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta berencana untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di tempat-tempat lain agar mereka dapat membagikan ilmu mereka kepada masyarakat melalui pengajaran.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.