UBSI Tasikmalaya Mengadakan Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)

0 16

Tasikmalaya Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tasikmalaya Mengadakan Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “Penciptaan Karya Ilmiah Kreatif Wujud Prestasi Mahasiswa”. Seminar PKM ini dihadiri sebanyak 85 mahasiswa semester 2 dan 4. Yang dilaksanakan di aula UBSI Tasikmalaya, jln. Tanuwijaya, Kota Tasikmalaya, pada hari Rabu (15/05).

Tujuan kegiatan ini sebagai upaya sosialisasi kegiatan penyusunan proposal PKM yang diselenggarakan Kemenristekdikti. Deddy Supriadi M.Kom selaku Kepala Prodi sistem Informasi UBSI Tasikmalaya mengatakan, “Dengan mengikuti PKM ini, mahasiswa/i dapat membuat sesuatu yang baru, yang berguna untuk masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, PKM merupakan program yang harus diikuti oleh para mahasiswa dalam rangka memicu inovasi-inovasi dari berbagai bidang yang bisa diterapkan di masyarakat. Diantara bidangnya adalah Bidang Teknologi, Kewirausahaan, Karya Cipta, Penulisan Ilmiah juga yang lainnya.

Pembicara pada seminar yaitu Miftah Adiwisastra S.T, M.Kom, selaku kemahasiswaan UBSI Tasikmalaya.

Ia mengatakan, PKM ini direalisasikan atas salah satu isi yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian. Dengan begitu akan adanya kontribusi langsung dan nyata dari mahasiswa dalam pengembangan SDM di masyarakat.

“Seminar ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu Penelitian,” ujarnya.

Tambahnya, ide mahasiswa dituangkan dalam bentuk proposal yang dikerjakan berkelompok. Setiap kelompok beranggotakan 3 sampai 5 orang.

Nantinya proposal yang dibuat mahasiswa akan dikirim ke Dikti dan dinilai disana, bagi yang berhasil menang akan mendapat suntika dana sampai Rp 12,5 juta rupiah.

“PKM ini rutin setiap tahun UBSI Tasikmalaya selalu ikut. Mudah-mudahan tahun ini kami bisa meloloskan proposal PKM ke Dikti. Mahasiswa akan sangat antusias apabila dikasih apresiasi seperti itu,” ujar Miftah.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.