Program Kemitraan Masyarakat Bagi Komunitas Usahakebon Pala Berseri Kecamatan Makasar Jakarta Timur

0 34

Jakarta Bsi-News

Pada tahun 2018 dengan pendanaan di tahun 2019 kami bertiga Eka Dyah Setyaningsih, Ida Zuniarti, Titik Misriati  mewakili Universitas Bina Sarana Informatika mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristedikti) dibawah tanggungjawab Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti  untuk melakukan kegiatan  berupa Program Kemitraan Masyarakat (PKM), dengan mitra dalam program ini adalah Komunitas Usaha Kebon Pala Berseri yang sebagian besar anggotanya adalah wanita yang aktif didalam Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga – Pendidikan Kesejateraan Keluarga (UP2K-PKK) Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

PKM ini merupakan salah satu program rutin  dari Kemenristekdikti yang bertujuan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial, membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill). Program PKM ini sepenuhnya didanai oleh Kemenristekdikti sesuai dengan nilai nominal yang sudah ditentukan.

Kegiatan PKM yang kami lakukan kepada Komunitas Usaha Kebon Pala dilaksanakan dari bulan Maret 2019, sampai saat ini masih dilakukan pendampingan secara rutin kepada mitra. Kegiatan PKM yang kami lakukan meliputi pelatihan kewirausahaan, pelatihan penyusunan laporan keuangan dan digital marketing.

PKM bagi Komunitas Usaha  di Kebon Pala ini bertujuan untuk pengelolaan usaha dan membangun bisnis yang kuat untuk meningkatkan produktivitas berbahan dasar aloe vera. Metode yang digunakan dalam PKM adalah: (1) Pelatihan Kewirausahaan, pelatihan ini dipilih dikarena untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan produktifitas dari bahan dasar aloe vera, tanamanan herbal, serta manik-manik kerjainan tangan untuk dijadikan tas, tempat tissue dan lain-lain. Selama ini beberapa masyarakat masih berpindah-pindah dalam memilih jenis usaha dan cenderung tidak sabar untuk mengelola lebih lanjut dari usaha yang sudah ada. Untuk mengurangi kejadian ini terjadi lagi dikemudian hari maka kami berikan  pelatihan tentang softskill supaya secara mental para pelaku usaha lebih tangguh dan kuat dalam menghadapai tantangan usaha. (2). Pelatihan penyusunan laporan keuangan, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kepala pelaku usaha untuk secara tertib melakukan pencatatan atas transaksi keuangannya agar dapat diketahui dengan jelas kinerja dari usahanya. (3) Pelatihan Digital Marketing , pelatihan ini bertujuan agar mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal digital marketing, sehingga kedepannya dapat melakukan  melalui dunia digital atau internet. Web e-commerce untuk mitra, web ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan wadah kepada mitra dalam melakukan kegiatan penjualan secara online.

Pada kesempatan ini, tim PKM dari Universitas Bina Sarana Informatika mengucapkan terima kasih pada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti, Universitas Bina Sarana Informatika, RPTRA Kebon Pala Jakarta Timur dan Komunitas Usaha Kebon Pala Berseri Jakarta Timur yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat melaksanakan kegiatan PKM.

Semoga kegiatan PKM  ini dapat bermanfaat untuk Komunitas Usaha Kebon Pala pada khusunya dan masayarakat sekitar pada umumnya, dan semoga sinegitas antara dunia Perguruan Tinggi dengan masyarakat serta pemerintah dapat terus terjalin demi kemajuan masyarakat.  

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.