Tantangan dan Peluang Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

0 330

Seminar Nasional Fakultas Ekonomi & Bisnis

Bekasi Bsi-News

Memasuki Industri 4.0 yang saat ini telah berkembang secara pesat di masyarakat, mau tidak mau membuat masyarakat mengikuti dan melaksanakan Industri 4.0. Membekali mahasiswa/i dalam Menghadapi  Revolusi Industri 4.0 Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan seminar dengan tema “Tantangan dan Peluang Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” yang diselenggarakan di UBSI Kampus Kaliabang, Bekasi Utara 28/09/19.

Hadir sebagai pembicara dalam Seminar Nasional ini yakni Intan Syah Ichsan selaku Chief Operating and Marketing Officer PT. Samuel Aset Manajemen, Hanawijawa selaku Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Syamsul Bahri selaku Kaprodi Akutansi UBSI.

Acara diawali dengan sambutan dari Dicki Haryanto yang dalam hal ini mewakili Rektor Universitas Bina Sarana Informatika. Dalam sambutannya Dicki Haryanto menyampaikan bahwa seminar Nasional ini merupakan rangkaian seminar yang sebelumnya telah dilakukan dan berharap acara seminar ini dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa. “Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan Dan informasi khususnya mengenai ekonomi Syariah”, ujar Dicki Haryanto.

Dalam seminar ini Intan Syah Ichsan menjelaskan mengenai  perkembangan Revolusi Industri mulai dari 1.0-4.0, serta secara dasar menjelaskan mengenai arti Revolusi Industri 4.0. 

Lebih lanjut Intan Syah Ichsan menjelaskan mengenai Ekonomi Syariah di Era Revolusi Industri 4.0. Menurut Intan Syah Ichsan dengan ada atau tidaknya Revolusi Industri 4.0 ekonomi Syariah akan tetap tumbuh, hal ini disebabkan karena pertumbuhan pendidikan di Indonesia yang cukup pesat.

Dengan terselenggaranya Seminar Nasional ini Intan Syah Ichsan berharap dapat meningkatkan pengetahuan  mahasiswa seputar Revolusi Industri 4.0. “Dengan adanya seminar ini dapat membuka wawasan mahasiswa, selain itu mahasiswa juga dapat memahami Industri 4.0,”  ujar Intan Syah Ichsan.

Pemaparan selanjutnya dijelaskan oleh Syamsul Bahri yang menjelaskan menjelaskan secara tahap Demi tahap mengenai perkembangan Revolusi Industri mulai dari perkembangan Revolusi 1.0 hingga 4.0.  Secara lebih lanjut Syamsul Bahri juga menjelaskan perkembangan Revolusi Industri yang berkembang secara nyata hingga saat ini. Sebagai contoh tenaga manusia yang saat ini telah digantikan oleh robot.

Setelah pemaparan dari beberapa pembicara selajutnya Selamet Heri selaku Moderator  membuka sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara. Sebelum dilanjutkan keacara penutup dan foto bersama, Universitas Bina Sarana Informatika memberikan Cenderamata kepada pembicara yang dimaksudkan sebagai kenang-kenagan. (ana)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.