UKM MAPALA CALANDRA UBSI ADAKAN BELAJAR NAVIGASI DARAT BAGI ANGGOTA BARU

0 52

Bogor Bsi-News

Mewujudkan eksistensi diri dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Seperti halnya yang dilakukan oleh UKM Mapala Calandra UBSI yang pada semester ini melaksanakan Pendidikan Dasar 2019 dengan  kegiatan berupa Belajar Navigasi Darat di gunung Salak. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Oktober 2019 ini diikuti oleh lebih kurang 82 peserta yang merupakan mahasiswa UBSI se-Jabodetabek. Ikrima selaku ketua Mapala Calandra mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membekali para mahasiswa yang merupakan calon anggota baru itu mengerti akan bagaimana memahami alam sekitar. “Kegiatan ini agar para anggota paham bagaimana bisa survive dan paham akan kondisi alam”,ujarnya.

Pada kegiatan ini para peserta diajarkan tentang dasar-dasar navigasi darat antara lain pengenalan alat-alat navigasi seperti peta, topografi, kompas, altimeter, dan lainnya. Selain itu, juga diajarkan tentang praktek penggunaan dari peralatan tersebut di area sekita gunung Salak. Proses kegiatan dilakukan dengan melakukan pengukuran titik-titik yang akan dilalui saat akan melakukan pendakian. Titik-titik yang di maksud yaitu puncak gunung Salak dan punggungannya. Juga para peserta diminta untuk menentukan titik koordinat mulai dari lokasi asal hingga puncak gunung.

Menurut panitia, acara atau kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin bagi setiap  anggota baru UKM Mapala Calandra, agar tiap anggota benar-benar paham tentang bagaimana beradaptasi dan surviv di alam. Sukses buat UKM Mapala Calandra….!!! (smh)  

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.