PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PROGRAM STUDI AKUNTANSI (D-III) DI RPTRA KEBON PALA BERSERI

0 4

Jakarta Bsi-News

Pengabdian masyarakat ini diadakan atas dasar permintaaan dari pengurus e-Warong Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) pada Bulan Juli 2019, bahwa Unit Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di lingkungan RPTRA Kelurahan Kebon Pala membutuhkan pelatihan mengenai  pembukuan sederhana dengan tujuan agar pencatatan keuangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah tertata rapi. Pencatatan pembukuan yang rapi bagi pemilik usaha sebagai laporan dan administrasi yang baik dari usaha yang sedang dijalani. Pemilik usaha akan lebih mudah mengambil berbagai keputusan strategis dalam rangka pengembangan usaha jika ada pembukuan yang baik. Oleh sebab itu, Program Studi (D-III) Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu menciptakan dan meningkatkan kemampuan UMKM di lingkungan RPTRA Kelurahan Kebon Pala dalam membuat pembukuan sederhana untuk mencatat transaksi keuangan bagi usahanya.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Oktober 2019 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Pembuatan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Indria Widyastuti, dan yang bertindak selaku tutor adalah Ellyta Muchtar dengan dibantu oleh Ibu Sarlina Sari dan Ibu Saridawati serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (D-III) Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Rizka Permatasari dan Shavia Septiana. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 23 orang peserta Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) lingkungan RPTRA Kebon Pala berseri. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Ellyta menjelaskan tentang Pembuatan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM.

Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Ibu Indria Widyastuti, S.E, M.Si yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) dalam mengelola keuangan usahanya. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 11.00 WIB.

Semoga materi Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Pelatihan Pembuatan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM ini dapat bermanfaat untuk Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH). (IWI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.