Seminar Menuju Profesionalisme “Seminar Profesi Administrasi Bisnis Di Era Digital”

0 34

Jakarta Bsi-News

 

Pada Kamis, 24 Oktober telah  dilangsungkan Seminar dengan Judul Seminar Profesi Administrasi Bisnis Di Era Digital yang diperuntukkan untuk mahasiswa Semester 1 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. Seminar ini di isi oleh Bapak Hendri Bun, seorang Co-Founder dari PT. Mitra Pembelajar, dan Alumni Sukses Program studi Administrasi Bisnis angkatan 2017 Nashirudin Baehaki yang merupakan owner dari Distropreneur dan Customer Care Tokopedia. 

Seminar ini diikuti oleh 7 Kampus yang terdiri dari kampus Jatiwaringin, Kampus Dewi Sartika, Kampus Margonda, Kampus Salemba, Kampus Fatmawati, Kampus Ciledug, kampus Cengkareng, yang dibagi menjadi 2 Sesi dengan jumlah peserta  289 mahasiswa dimana masing-masing sesi dihadiri oleh  sekitar 150an Peserta dari program Studi Administrasi Bisnis . Seminar ini di pandu oleh Moderator Fera nelfianti dan Yunita Janah. Seminar yang dilaksanakan di Aula BSI Jatiwaringin Lantai 5 ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai bentuk penanaman jiwa nasionalisme terhadap mahasiswa, dilanjutkan sambutan oleh Ka.Prodi Administrasi Bisnis FEB UBSI Bapak I Ketut Martana, S.Sos, MM . Seminar berlangsung dari pukul 09.00 – 16.00.

 Tujuan dari Seminar ini adalah untuk membangkitkan semangat mahasiswa baru agar semangat untuk menjalani perkuliahan dan kegiatan-kegiatan yang di programkan oleh program studi dan mendidik mahasiswa untuk menanamkan jiwa profesionalisme sedini mungkin. Menurut Bapak Hendri Bun Profesionalisme sangat penting, Seorang karyawan yang profesional adalah karyawan yang bisa memenuhi atau mencapai ekspektasi perusahaan terhadap pekerjaan yang ditangani. Salah satu contoh kecil profesionalisme dalam pekerjaan adalah datang tepat waktu, menaruh kembali barang pada tempatnya, mematikan lampu ketika keluar ruangan dan sebagainya. Kunci Profesionalisme menurut Bapak Hendri Bun adalah B.S.I, yaitu Bisa diandalkan, Selalu kreatif, Inisiatif.

Setelah Bapak Hendri Bun menyampaikan materinya, tibalah giliran Alumni dari Prodi Administrasi Bisnis untuk menyampaikan materinya yaitu Saudara Nashirudin Baehaki atau yang biasa di panggil Haki. Saudara Haki memberikan semangat dan motivasi kepada adik-adik kelasnya agar menjadi siswa yang berbeda jika ingin sukses, isi waktu dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, aplikasikan ilmu yang didapat, dan terus belajar. Saudara Haki sendiri menceritakan pengalamannya selama berkuliah di Universitas Bina Sarana Informatika dan Manfaat apa saja yang telah ia rasakan, ia berharap adik-adik kelasnya jauh lebih sukses dari pada dirinya. Saudara Haki membagikan kunci untuk menjadi Pemuda sukses jaman Now yaitu Spiritual, Intelektual dan Emosional.

Kedua Pembicarapun memaparkan bahwa Hal apa yang harus disiapkan oleh mahasiswa agar bisa bersaing nanti di dunia industri dan usaha, yaitu asah kompetensi, dan Attitute. Selain itu juga Bapak Hendri bun Menyampaikan bahwa Dengan Era Digital saat ini karyawan yang lebih di bidik perusahaan adalah karyawan yang melek teknologi, jadi mahasiswa disarankan untuk mempelajari hal-hal yang bersifat teknologi, Beliau juga menyarankan untuk belajar problem solving dimulai dari dini, mengasah kemampuan komunikasi dan melakukan self development. Saudara Haki menambahkan untuk menjalin networking yang baik lakukan personal branding di media sosial, Ikuti komunitas-komunitas yang dapat mengembangkan diri.

Seminar yang berlangsung 3 jam persesi ini mendapat apresiasi yang meriah dari mahasiswa, karena mendapatkan banyak ilmu dari kedua narasumber. Di akhir Acara Moderator menyampaikan Kutipan dari penyampaian Bapak Hendri Bun yaitu orang yang berdiam diri dan tidak belajar bukan sedang jalan ditempat, tapi sedang mempercepat Ketertinggalannya. Untuk Itu Mahasiswa diminta untuk bergerak dari sekarang dan tidak menunggu lulus. (FNF)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.