Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (HIMABI) Ubsi Adakan Teaching On The Road Bagi Anak-Anak SD, SMP DAN SMA

0 103

Jakarta BSI- News

Implementasi ilmu pengetahuan khususnya bagi masyarakat sekitar merupakan kewajiban bagi tiap mahasiswa dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi. Seperti halnya yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (HIMABI) UBSI yang pada Sabtu 26 Oktober 2019 mengadakan kegiatan Teaching on the Road. Kegiatan yang dilangsungkan di Yayasan Indonesia Hijau Gang. Waru, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini diikuti lebih dari 30 orang peserta yang terdiri dari anaka-anak SD, SMP dan SMP dengan tema ‘Sharing is Caring’ yang berarti ‘berbagi itu adalah salah satu wujud dari rasa peduli’.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengasah keterampilan mengajar anggota HIMABI. “Kami ingin anggota-anggota kami memiliki kemampuan dalam berbagi ilmu dengan sesama, dan membuktikan kemampuan mereka”, demikian ujar Diara ketua HIMABI. Anggota HIMABI yang terlibat sebanyak 20 orang yang berasal dari program studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris UBSI. Peserta didik yang diajarkan terdiri dari anak usia 3-5 tahun (pg dan Tk), 6-13 tahun (SD), 14-17 tahun (SMP, SMA, dan yang tidak sekolah). Karena terbatasnya ruang belajar, maka HIMABI terpaksa membagi peserta menjadi 2 kelompok. Sesi Pertama dikhususkan untuk anak pg-sd, sedangkan sesi kedua dikhususkan bagi SMP,SMA, dan yang tidak sekolah.

Materi yang disampaikan berupa pengenalan vocabulary, pembuatan kalimat-kalimat sederhana simple present tense, dan conversation. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dengan banyaknya yang bertanya. “Sekarang aku jadi ngerti gimana cara buat kalimat bahasa Inggris dan ngucapinnya”,ujar salah satu peserta. Lebih lanjut Diara menyampaikan bahwa masih banyak anak-anak yang butuh bimbingan seperti ini diluar sana. “Bagi teman-teman yang masih malas untuk belajar sementara kalian sendiri mampu, ingatlah bahwa diluaran sana masih banyak anak-anak yang ingin belajar tapi mereka tidak mampu”, lanjutnya.

Look into your surroundings, there are so many blank spots that you have to fill. Take care of it, and it’ll threat you back.

Semoga dengan kegiatan ini, akan banyak lagi anak-anak yang terbantu dalam memahami bahasa asing, dan civitas UBSI bangga akan hal itu. Selamat !!

Leave A Reply

Your email address will not be published.