FKB UBSI Prodi Penyiaran gelar PM dengan Radio Elgangga dalam pelatihan Public Speaking Ala Millenial

0 49

Jakarta Bsi-News

Program Studi Penyiaran Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta kembali menyelenggarakan Pengabdian masyarakat yang rutin dilaksanakan pada masyarakat tertentu dan merupakan suatu kewajiban bagi seorang dosen dalam Tirdharma perguruan tinggi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan pada kali ini dilaksanakan di Studio Radio Elgangga, yang beralamatkan di Jl. Serma Marzuki, no. 30 Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi 17141, dan sebagai pesertanya adalah Komunitas Nyaut Elgangga, yang beranggotakan lebih dari 50 orang. Panitia dalam Pengabdian Masyarakat kali ini, terdiri dari 3 tim Penyiaran.   Dari salah satu tim diketuai oleh Susilowati, dan sebagai tutor yaitu Devy Putri Kussanti dan dibantu oleh A. Rafiq, Ilham Pane Akbar serta  Yusni Mirat La Ode dan menyertakan satu orang mahasiswa dari Penyiaran, yaitu Caraka Buwono Wengkusumputro. Serta mengangkat tema “Kiat Public Speaking Ala Millenial”, dikarenakan  mitra tersebut merasa masih harusbelajar untuk dapat melakukan public speaking secara baik, dan masih banyak dari sebagian anggota dari mitra ini masih takut dan grogi dalam berbicara di depan audience-nya.

Pada saat kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, yaitu tanggal 29 September 2019 dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara diawali dengan sambutan dari pihak Universitas Bina Sarana Informatika, Fakulats Komunikasi dan Bahasa, yaitu Ibu Anisti sedangkan  perwakilan Elgangga diwakilkan oleh ibu Define Armelsa. Setelah sambutan dimulai beberapa pemaparan materi yang dilakukan oleh tutor dari tim Penyiaran, yaitu Devy Putri Kussanti, dan dibantu pula oleh Susilowati. Para peserta begitu antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut dikarenakan beberapa dari peserta banyak mengajukan pertanyaan yang kesemuanya berkenaan dengan cara mengatasi grogi dan panik pada saat berbicara dihadapan audience. Dalam pelatihan ini pula diberikan simulasi atau contoh dari peserta untuk menjadi seorang pembicara.

Pada kegiatan tersebut terdapat beberapa pernyataan dari peserta akan manfaat dari tema yang diberikan oleh tim kami dari penyiaran, yaitu Kiat Public Speaking ala Mellenial, seperti seorang dari anggota komunitas Nyaut yang menyatakan sangat penting public speaking bagi kegiatannya yang sering diminta untuk berbicara dihadapan  banyak orang, salah satunya adalah bapak Rudi Yamin yang merupakan tokoh budaya Betawi dari Bekasi, dimana kegiatan yang sering dilakukannya menuntut untuk harus dapat berbicara di hadapan banyak orang, seperti kaum ulama, beberapa organisasi yang banyak tertarik dengan budaya Betawi, akan tetapi sering merasakan grogi khususnya bila berhadapan dengan para ulama dan pembahasannya tentang masalah agama Islam..

Acara pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diakhiri pada pukul 12.30 WIB dengan melakukan sesi foto bersama serta penyerahan poster kegiatan dari tim yang diserahkan oleh ketua tim pelaksana, Susilowati kepada ibu Fitri Supriyatie sebagai penyiar terlama di Elgangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.