Dosen Administrasi Bisnis UBSI Mengajak Warga Cipinang Melayu Menjadi Generasi Pemimpin Milenial

0 4

Jakarta Bsi-News

Di era ini tengah terjadi pergeseran pada gaya kepemimpinan seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah pola kehidupan manusia di seluruh dunia. Tidak ada batas minimum bagi pemuda untuk mendapat amanah besar di kursi kepemimpinan sebagai pengambil kebijakan dan pada level strategis di perusahaan atau organisasi. Generasi pemimipin milenial yang berpotensi, perlahan sudah harus diberikan kesempatan dalam ruang formal untuk mengambil peran sebagai ‘policy maker’. Generasi pemimpin milenial  mempunyai pola perilaku dominan berbasis teknologi canggih, secara online, digital disertai kreatifitas yang tinggi. Saat ini digital merupakan inti dari semua kegiatan bisnis. Dan merupakan kunci pengambilan keputusan didasarkan pada analisis data.

Oleh karena itu, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, menyelenggarakan  kegiatan pengabdian masyarakat pada hari Minggu, tanggal 3 November 2019 yang diikuti oleh karang taruna Warga RW 013 Cipinang Melayu Jakarta Timur yang notabene merupakan generasi muda sangat cocok untuk diberi pelatihan agar dapat menjadi generasi pemimpin milenial dan ibu-ibu PKK sebagai madrasah pertama untuk anak generasi milenial yang nantinya perlu mengajarkan tentang kepemimpinan milenial, untuk menjawab tantangan kepemimpinan masa depan yang jujur, kuat ,amanah, inovatif, kreatif dan bertaqwa. Lokasi pelatihan mengambil tempat di Aula Sekretariat RT 008 RW 013 Jl. Pangkalan Jati I Cipinang Melayu Kec. Makasar Jakarta Timur 13620.

Pengabdian kepada masyarakat dengan Ketua Pelaksana oleh Ibu Kartika Yuliantari, kali ini materi yang diberikan berupa pembelajaran tentang menjadikan seorang generasi pemimpin milenial di era globalisasi untuk menjawab tantangan kepemimpinan masa depan yang jujur, kuat ,amanah, inovatif, kreatif dan bertaqwa pada Warga RW 013 Cipinang Melayu Jakarta Timur.

Bapak Lukman selaku ketua RW menyambut baik adanya kegiatan ini. “Saya sangat senang bekerja sama dengan Tim Dosen UBSI dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, karena dapat mengisi hari libur pemuda dan pemudi karang taruna dan ibu-ibu untuk kegiatan yang bermanfaat dan menambah wawasan.”Tutor, Bapak Amas Lahat sangat mengena dalam pemberian materi yang kali ini mengambil tema “Generasi Pemimpin Milenial”, layaknya seorang ustadz yang sedang memberikan ceramah, sehingga peserta yang berjumlah 24 orang serasa terbius oleh penyampaian materinya yang diberikan. Setelah selesai penyampaian materi, dilanjukan dengan permainan peran (role play) yang dipandu oleh Bapak Suparman. Role playing merupakan satu metode sekaligus permainan yang menuntut pelakunya untuk memerankan satu peran atau pemikiran yang tidak nyata atau dibentuk. Peserta pengabdian masyarakat bertindak seolah-oleh dia berada dalam dunia yang nyata. Peserta diajak untuk  berfantasi dan berimajinasi untuk memerankan karakter tertentu sebagai pemimpin dan anak buah yang menghadapi suatu kasus. Setelah itu peserta diajak untuk menganalisis dari peran drama yang dimainkan. Acara semakin semarak dengan dibagika doorprice bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan.

Peserta pelatihan yang notabene generasi milenial dan ibu-ibu muda sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.  “Kegiatan ini sangat perlu dan penting karena setiap individu adalah pemimpin, sebagai seorang pemimpin harus mengerti pengetahuan tentang hal tersebut”, komentar Zia Husnu Labib salah seorang anggota Karang Taruna RW 013 Cipinang Melayu Jakarta Timur, dan Zia juga memberikan saran, “Kegiatan serupa harus tetap diadakan karena merupakan edukasi bagi kami warga RW 013 Cipinang Melayu.”

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.