Delegasi Mahasiswa Universitas BSI BSD Hadiri Kegiatan Lokakarya Kebangsaan Bersama Badan Kesbangpol, Tangsel

0 32

Jakarta- BSI News

Lokakarya kebangsaan di selenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah kota Tangerang selatan (Tangsel). Acara Lokakarya Kebangsaan tahun ini dilaksanakan Tgl  19 November 2019 mulai pukul 08.00  pagi hingga petang hari, bertempat di Hotel Marylin, Serpong-Tangsel. Acara ini merupakan inisiatif dan upaya badan Kesbangpol pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam rangka menjelaskan ke masyarakat khususnya mahasiswa mengenai peran serta mahasiwa dalam membangun demokrasi di kota Tangerang Selatan, melalui narasumber Dwi Kurniasih, kepala seksi fasilitas peningkatan partisipasi direktorat politik dalam negeri yang merupakan bagian dari Direktorat jenderal Politik dan pemerintah umum Kementrian dalam negeri. Penjelasan beliau diawali dengan uraian mengenai konsep demokrasi serta implementasi nya dalam dinamika politik Indonesia, beliau mewakili pemerintah juga mengimbau adanya peningkatan kewaspadaan segenap warga negara khususnya mahasiswa yang Pancasilais untuk tidak mudah termakan isu” hoax yang dapat merusak kerukunan dan persatuan bangsa. Beliau juga memaparkan tentang pancasila dan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia.

Melalui penanaman unsur positif bagi mahasiwa diharapkan generasi muda akan menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan siap menghadapi perubahan dengan tetap berpegang teguh pada pancasila yang sesuai norma-norma agama. Generasi muda yang modern pun senantiasa harus tetap menaati norma dan nilai nilai agama serta saling menyatukan perbedaan yang ada. Narasumber lain irwan suhartono, merupakan motivator, akademisi juga seorang praktisi hukum administrasi tatanegara & MSDM, beliau mengutarakan pentingnya bagi generasi muda suatu kemandirian sebagai output dari proses pembelajaran yang dicapai. Hal tersebut harus melebihi nilai pentingnya hasil suatu proses belajar biasa yang outputnya hanya sekedar mendapatkan titel, Ijazah, indeks prestasi akademik tinggi dan sebagainya. Generasi muda yang memiliki kemandirian serta percaya diri  lebih akan mampu menopang eksistensi dan kesuksesan nya. Generasi muda yang mandiri lebih cenderung untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain, tidak sekedar  siap mengekor dan bergantung pada pihak lain.

Panitia penyelenggara, dari pihak Kesbangpol sendiri berpesan agar para mahasiswa mempunyai peran yang besar dalam mewujudkan kesuksesan pelaksanaan demokrasi di Tangsel.  Oleh sebab itu,  badan Kesbangpol mengundang beberapa universitas yang terdaftar di database Kesbangpol Tangsel untuk hadir dalam Forum Terbuka Lembaga Kemahasiswaan Dengan Pemerintah Daerah Tangsel. Turut hadir dalam forum tersebut,  Pembina Bidang Kemahasiswaan UBSI BSD  Irwin Ananta, beliau mengatakan, pihaknya menyambut baik acara lokakarya kebangsaan yang digelar Kesbangpol Tangsel, melalui forum tersebut Ia berpesan kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa UBSI agar dapat berperan aktif dengan menjaga netralitas serta menjaga nama baik almamater dan independensinya sebagai bagian dari mahasiswa Indonesia. Pada kesempatan itu delegasi Mahasiswa Universitas BSI yang hadir antara lain Nurhasanah, Mega Wahyu Putri, Fian Alfyan, Ismoyo Nugroho Dj, Andini Ratna Nabillah, Muhamad Yusuf Permana, Ilun Silviliani, Amanda Fitriani dan Aryo Dana Bagas, selain Universitas BSI BSD turut diundang juga pengurus BEM dari kampus lainnya di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) oleh Badan Kesbangpol Pemkot Tangsel diantaranya dari kampus UlN syarif Hidayatullah ciputat, Universitas Pamulang (Unpam), lnstitut Teknologi Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta ciputat, Binus Alam Sutera Serpong utarau, STIE Ahmad Dahlan Ciputat, Universitas Sahid pondok Cabe pamulang, Stikes Banten Rawa Buntu Serpong dan STIMIK Swadarma pamulang.(IAV)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.