Rektor UBSI: Optimis Alumni UBSI Siap Kerja, Karena Sudah Dibekali Sertifikasi Kompetensi

0 7

Pontianak  Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak menggelar wisuda yang ke-11  di Ballroom Hotel Aston Pontianak, Minggu (1/12/2019).

Total wisudawan 406 mahasiswa, terdiri dari dua prodi yang ada yaitu Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi.

Rektor UBSI, Mochamad Wahyudi menyampaikan bahwa ia optimis dengan berbagai sertifikasi kompetensi yang telah dibekali kepada seluruh wisudawan – wisudawati selama masa kuliah dapat menjadi nilai lebih ketika nantinya hendak melamar pekerjaan ataupun menjadi entrepreneur sekalipun.

“Paling tidak selama masa kuliah, setiap orang punya tiga sampai empat sertifikasi di masing-masing bidang sesuai prodi yang diikuti. Tentu ini menjadi kelebihan sekaligus bukti bahwa mereka sudah siap kerja nantinya,”ujarnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan bahwa sertifikasi kompetensi yang diikuti selama masa kuliah tersebut adalah lembaga sertifikasi profesi yang tentunya berlisensi resmi dan berlaku secara nasional. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan sekaligus pembeda antara alumni UBSI dengan kampus-kampus lainnya, khususnya di Pontianak.

“Bahkan untuk sertifikasi kompetensi yang didapat tiap mahasiswa tersebut berlaku hingga tingkat asia tenggara, karena sebelumnya sertifikasi ini turut disepakati sekaligus mendapat applaus dari Negara-negara Asean (asia tenggara),” ujarnya.

Dia pun tak merasa khawatir dengan masa depan para mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus dari UBSI. Karena selain dibekali sertifikasi kompetensi, UBSI memfasilitasi lulusan dengan menyiapkan wadah yakni BSI Carrier Center yang menjadi jembatan untuk mencari pekerjaan and BSI Entrepreneur Center sebagai wadah untuk membimbing mahasiswa/alumni berwirausaha.

Untuk kerjasama, UBSI juga sudah menjalin hubungan baik dengan berbagai perusahaan yang ada di Indonesia, yang jika ditotal ada ratusan bentuk kerjasama yang dibangun.

Selain itu, pada 2018 lalu dirinya sendiri sudah meneken MoU dengan forum human capital Indonesia yang pada hal tersebut sekaligus menandakan UBSI melalui BSI carrier center bekerja sama dengan setidaknya 148 badan usaha milik Negara (BUMN) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dari MoU dengan berbagai BUMN yang ada kita juga ada yang namanya PMB yakni Program Magang Bersertifikat. Maksudnya adalah apabila mahasiswa kitadinilai baik selama masa magang di suatu perusahaan BUMN yang telah kita jalin kerjasama, maka mahasiswa tersebut diberi sertifikasi khusus dan setelah keluar (lulus) dari UBSI, mahasiswa tersebut bisa langsung diterima kerja di perusahaan tempat dia magang tersebut. Itu salah satu keunggulan program yang kita bangun melalui kerjasama ini,” jelasnya.

Selain mengeluarkan alumni-alumni yang siap terjun ke dunia kerja, dia juga menegaskan sisi lain kelebihan alumni UBSI adalah siap terjun di dunia entrepreneur atau wirausaha.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.