Universitas Bina Sarana Informatika Siapkan SDM Handal di Bidang Akuntansi

0 2

Jakarta Bsi-News

Indonesia kini sedang fokus dengan pembangunan SDM. Presiden menilai potensi bangsa ini untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah terbuka sangat besar. Terlebih saat ini, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi, di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

“Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Ini menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan kesempatan kerja. Tapi akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM yang unggul,” kata Jokowi dalam pidatonya di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Berdasarkan wacana tersebut, Universitas Bina Sarana Informatika turut serta mendukung visi Indonesia saat ini, yakni pengembangan SDM Unggul. Salah satu kegiatan yang UBSI lakukan ialah mengadakan seminar tentang SDM Handal di bidang akuntansi.

Seminar ini dimotori oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis program studi akuntansi, menurut Syamsul Bahri selaku Kapordi Akuntansi UBSI, masih banyak potensi mahasiswa kami yang belum tergarap dengan profesional. Minimnya SDM handal di bidang accounting disebabkan masih sedikitnya minat masyarakat untuk mengikuti sertifikasi kompetensi di bidang akuntansi.

Untuk itu, lanjut dia, perlu sinergi antara lembaga pendidikan dan pihak swasta untuk mengembangkan potensi serta meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang akuntansi. Salah satu cara yaitu dengan mengadakan sertifikasi profesi.

Pembicara dalam seminar ini diisi langsung oleh Direktur LSP-TA (Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi) yakni Murtanto.

“Sertifikasi profesi merupakan investasi bagi mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja, karena untuk menjadi SDM yang handal perlu dibuktikan dengan banyak hal salah satunya ialah sertifikasi profesi ,” katanya.

Sementara, Rektor UBSI Wahyudi mengatakan, Universitas Bina Sarana Informatika tidak hanya akan memberikan ijazah dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) namun kami juga akan membekali lulusan UBSI dengan sertifikasi profesi, sehingga mereka memiliki investasi yang cukup untuk menuju suksesnya kelak.

Dalam seminar ini dihadiri oleh 68 mahasiswa prodi Akuntansi semester 1 dan pelaksanaannya  bertempat di aula UBSI Kampus Jatiwaringin. (bgv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.