Film Pendek Hilman Menjadi Juara Broadcasting Award 2019

0 29

Jakarta Bsi-News

Film pendek Hilman produksi kelas 42.3A.37 UBSI Pemuda terpilih sebagai film terbaik sesi 4 dan sebagai juara umum di Broadcasting Award 2019. Film pendek ini genre drama keluarga ini menceritakan sosok Hilman yang tinggal hanya bersama ibunya dan bermimpi untuk menjadi seorang penulis.

Ajang kompetisi film pendek Broadcasting Award 2019  digelar setiap tahunnya oleh Prodi Penyiaran Universitas Bina Sarana Informatika. Dalam ajang komptesi ini menuntut  mahasiswa penyiaran semester 3 untuk mampu memproduksi karya film pendek sebagai aplikasi dari mata kukiah yang dipelajari di semester 3 tersebut. Lebih dari itu, kegiatan ini menjadi bukti persaingan antar kelas di prodi penyiaran untuk menyuguhkan karya terbaik mereka dalam merebut penghargaan dari beberapa kategori yang diberikan, anatara lain Penata Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Kamera Terbaik, Penulis Naskah Terbaik, Editor Terbaik, Sutradara Terbaik dan Film terbaik.

Masih mengusung konsep yang sama ditiap tahunnya dengan tema comic di tahun ini, setiap peserta diberikan workshop terlebih dahulu sebelum melangkah pada camp produksi karya selama kurang dari 24 jam yang ditemani oleh para totur pada jobdesk masing-masing. Adapun workshop  Broadcasting Award 2019 mengambil tema Penyutradaraan dan Sinematografi yang diisi oleh Satrio Pamungkas dari LPK InsCinema.

Jumlah peserta yang cukup banyak membuat proses camp produksi karya dibagi menjadi lima sesi yang berlangsung dari 22 November 2019 hingga 7 Desember 2019. Adapun disetiap sesinya terdapat empat peserta yang bersaing memproduksi dan menciptakan karya. Produksi karya atau syuting dimulai pukul tiga sore sampai jam sebelas malam lalu dilanjutkan dengan tahapan editing sampai dengan pukul tiga sore di hari berikutnya.

Hasil karya peserta ini dinilai oleh para juri yang berkompeten dibidang masing-masing, yang diantaranya ada Budiman Akbar, M.Sn sebagai juri Penulis Naskah, Dr. IGP Wiranegara, M.Sn sebagai juri Sinamatografi dan Panata Kamera, Arly Zainisty, M.Sn Sabagai juri Editor, Ir. Priadi Soedjanto, M.sn sebagai juri penata artistik dan Penyutradaraan, serta Ardi Aris Isnandar, S.Si sebagai juri Penata Suara dan Musik Scoring.

Dari sembilan belas karya yang lahir dari Brodcasting Award 2019 dan setelah melalui penjurian terdapat lima film terbaik yang terpilih dari setiap sesinya. Adapun lima karya tersebut adalah: Sendekala (sesi 1), Belunggu (sesi 2), Syak (Sesi 3), Hilman (sesi 4) dan Dendam (sesi 5). Dan film terbaik setiap sesi ini pun dinilai kembali oleh juri yang sama untuk membawa pulang piala tahunan Broadcasting Award dan sebagai juara dari ajang kompetisi film pendek Broadcasting Award 2019. Dan selamat kepada film pendek Hilman produksi kelas 42.3A.37 UBSI Pemuda yang membawa pulang gelar juara umum untuk pertama kalinya semenjak kegiatan ini diselenggarakan.

Adapun karya-karya dari produksi kegiatan Broadcasting 2019 dapat ditonton kembali melalui akun youtube BSITVOFFICIALCHANNEL, Instragram @broadacastingaward.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.