Studi Ke Bank Indonesia Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D3) Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika

0 137

Jakarta Bsi-News

Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi Akuntansi pada hari Selasa  tanggal 17 Desember  2019 Mahasiswa Semester 3 Program Studi Diploma Tiga (D3) Akuntansi  Fakultas Ekonomi Dan Bisnis  Universitas Bina Sarana Informatika melakukan kunjungan studi ke Bank Indonesia yang beralamat id Jalan M.H. Thamrin  Nomor 2  Jakarta Pusat.

Kunjungan Studi diikuti 86mahasiswa program studi Diploma Tiga (D3)  Akuntansi  Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Dari Cabang Kampus Salemba, Cabang Kampus Dewi Sartika Dan Cabang Kampus Cengkareng.

Dalam kesempatan itu acara kunjungan dilaksanakan di Auditorium Bank Indonesia Lantai 4. Acara dimulai tepat Pukul 09.00 WIB. Acara ini berisi pemaparan materi tentang Bank Indonesia dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Materi pertama tentang ke Bank Sentralan  dengan pemateri Ibu Stephanie Eri Nastiti dan dilanjutkan pemaparan materi kedua tentang transaksi uang non tunai oleh pemateri Bapak. Andi Tri Sutrisno.  

Dalam pemaparan Ke Bank Sentralan dibahas tentang tugas  pokok Bank Indonesia yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan di bidang moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran serta mengatur dan mengawasi lembaga perbankkan yang ada di Indonesia. Dalam rangka kebijakan moneter diharapkan tingkat inflasi yang terjadi sekitar 3,5%. Adapun upaya yang dapat dilakukan Bank Indonesia adalah dengan menentukan Jumlah Uang Yang Beredar (JUB) dan kebijakan penentuan suku bunga Bank, bantuan likuiditas Bank Umum serta penentuan Bank Reserves atau jumlah dana yang harus disimpan bank bank umum ke bank Indonesia.Sedangkan dalam pembahasan transaksi non tunai. Transaksi non tunai  adalah sistem pembayaran digital tanpa menggunakan uang fisik (kertas maupun logam), yang diperkenalkan ke publik mulai tahun 1990an. Di Indonesia, sistem pembayaran-tanpa-uang-kartal ini tidak dirancang sebagai pengganti sistem pembayaran tunai, tapi saling melengkapi satu sama lain. Adapun cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam penyelesaian transaksi erkonominya diantaranya melalui transaksi Berbasis Kartu (Card Based)  sebagai Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan Berbasis Elektronik (Electronic Based). Yaitu transfer dana secara elektronik (Credit Transfer), Acara diakhiri tukar bingkisan atau cendera mata  antara Universitas Bina Sarana Informatika dengan pihak Bank Indonesia  yang diwakili Bapak Kaprodi Diploma Tiga Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Bapak Syamsul Bahri,M.Kom,MM.

Dengan adanya kunjungan tersebut diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kompetensinya dibidang Keuangan pada umumnya dan acara kunjungan ilmiah ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dimasa yang akan datang. (SSH)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.