MAPALA CALANDRA UBSI PEDULI BENCANA BANJIR

0 78

Jakarta Bsi-News

Memasuki awal tahun 2020 sebagian wilayah di Jakarta dan Bekasi dilanda bencana banjir. Banjir kali ini telah membawa dampak kerugian materil yang cukup besar, berbagai bangunan, kendaraan trut menjadi korban bencana banjir. Ratusan keluarga harus rela kehilangan harta bendanya karena tersapu oleh banjir. Laporan BMKG cuaca ekstrim yang disertai hujan, Rabu (1/1) telah menaikan debit air di beberapa sungai dan kali yang mengakibatkan air meluap ke beberapa perumahan, jalan dan bangunan di kawasan Jakarta dan Bekasi. Tak terkecuali seperti yang terjadi di daerah Cipinang Melayu, dimana puluhan keluarga harus diungsikan akibat rumah yang terendam banjir.

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Darma dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang tergabung dalam UKM Mapala Calandra turut berjibaku dalam tanggap darurat bencana banjir di Cipinang Melayu tersebut. Berbekal pengetahuan kebencanaan dan alat berupa perahu karet para personil Mapala Calandra UBSI yang berjumlah 15 orang menyusuri tiap gang yang membantu mengevakuasi warga yang terjebak banjir untuk dipindahkan ke tempat yang aman seperti masjid, sekolah dan kantor kelurahan. Selain itu, mereka juga membantu petugas setempat dalam mendistribusikan logistik makanan kepada warga yang masih terjebak di rumah mereka.

Kegiatan yang dilakukan oleh Mapala Calandra UBSI ini mendapat sambutan hangat dari warga yang mereka bantu. “Warga setempat sangat senang dengan adanya kami menolong mereka, karena belum ada pihak yang datang membantu” demikian ujar Ikrima ketua Mapala Calandra UBSI. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UBSI ini berlangsung seharian hingga pukul 23.20 wib. “Kami sangat senang bisa membantu warga yang kesusahan walaupun dengan peralatan seadanya, namun kami tetap semangat”, ujar Ikrima. Semoga sumbangsih dari civitas akademika UBSI dalam peduli bencana di tanah air dapat terus berlanjut. Semangat !!!   

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.