Sejumlah 775 Mahasiswa UBSI Ikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Fotografi

0 143

Serkom Fotografi            

Jakarta Bsi-News

Tujuh ratus tujuh puluh lima orang mahasiswa semester satu Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika   (UBSI) telah melakukan ujian sertifikasi komptensi (serkom) fotografi muda, Jakarta 10 Januari 2020. Sebanyak sembilan puluh lima persen dari jumlah tersebut dinyatakan berkompeten pada tingkatan fotografi muda. Dalam pelaksanaanya Pihak program studi (prodi) Ilkom UBSI bekerjasama dengan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Inscinema.   

Sebelum ujian, mahasiswa peserta uji sertifikasi kompetensi tersebut mengikuti pembekalan tentang materi basic fotografi yang diberikan oleh pihak LSP. Prosesnya dilakukan secara bertahap yakni pada tanggal 21 Oktober 2019 sampai dengan 2 November 2019 di kampus UBSI Kalimalang, Kampus UBSI Tanggerang , Kampus UBSI Serpong- BSD, Kampus UBSI Cenkareng serta Kampus UBSI UBSI Ciputat. Materi pembekalan disampaikan oleh  praktisi fotografi yaitu Ir. R. Priadi Soefjanto, Ruth Clara Hutagalung, Iin Rinasari, Bramanto Ramadha serta Amran Malik Hakim. Dalam mengikuti proses pembekalan ini mahasiswa diberikan modul secara online pihak LSP P1 Inscinema

Ujian kompetensi berlangsung melalui dua proses. Proses pertama yakni ujian teori yang dilakukan secara on line. Disini mahasiswa bisa melakukan ujian dimanapun yang penting sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pihak LSP P1 Inscinema. Proses selanjutnya ujian praktek yang dipusatkan di Kampus UBSI Kalimalang. Pada ujian ini para peserta, dalam hal ini mahasiswa bertemu langsung dengan tim asesor dari pihak LSP dan diuji mengenai praktek teknik fotografi. Pada kesempatan ini juga mahasiswa bisa memperlihatkan portfolio karya fotografi mereka kepada asesor sebagai bahan pertimbangan untuk menilai dan memutuskan status kompeten mereka pada bidang tersebut. Tim asesor fotografi LSP P1 Inscinema terdiri dari Ir. R. Priadi Soefjanto, Amran Malik Hakim, Ahmad Pramegia, Supriyanta dan Aty Bachtiar. Ujian berlangsung mulai dari tanggal 2 Januari 2010 sampai dengan 8 Januari 2020.     

Kepala program studi ilmu Komunikasi Univeritas Bina Sarana Informatika,  Anisti S. Sos, M. Si merasa puas dengan proses ujian sertifikasi ini, khususnya di sesi pembekalan yang diberikan oleh LSP P1 Inscinema kepada para mahasiswa. Karena  dalam prosesnya mahasiswa dibimbing dan bisa melakukan prakatek fotografi secara langsung dengan para praktisi. Dengan demikian  bisa mencerna dan dengan mudah memahaminya. Lebih jauh ia menyatakan  bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya dalam meraih  Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk mahasiswa, sekaligus juga sebagai bahan evaluasi dari mata kuliah fotografi.  Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dari tujuan kegiatan sertifikasi kompetensi sebagai modal dasar untuk bisa berkiprah pada dunia kerja. Hal ini sesuai dengan agenda Universitas Bina Sarana Informatika  dalam membekali mahasiswanya dengan surat keterangan pendamping ijazah yang juga merupakan program dari Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.