UBSI Tegal Selenggarakan Workshop Pembekalan & Uji Kompetensi Akuntansi Dasar

0 30

Tegal BSI-News

Peningkatan kompetensi mahasiswa terutama dalam hal akademic skill merupakan sebuah keharusan bagi setiap perguruan tinggi. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan uji kompetensi terhadap pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa selama menjalankan kegiatan perkuliahan. Menyadari hal tersebut, program studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)  Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal pada Senin- Selasa (20-21/1/2020) mengadakan   workshop pembekalan dan uji kompetensi Akuntansi Dasar,  Acara yang dikuti lebih dari 30 orang mahasiswa ini menghadirkan narasumber ahli Husni Mubarok, SE, M.Si.  Kegiatan workshop dan uji kompetensi ini berlangsung dalam dua tahap. hari pertama peserta uji kompetensi diberikan pembekalan materi dan pre-test uji kompetensi akuntansi dasar yang dikemas dalam kegiatan workshop aplikasi Akuntansi.

Husni Mubarok menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa UBSI menjadi seorang akuntan yang profesional. “Saya berharap adik-adik mahasiswa yang ikut uji kompetensi kali ini dapat mengaplikasikan ilmunya dan menjadi akuntan yang handal  untuk menghadapi persaingan global”, dmikian ujarnya. Melalui workshop akuntansi juga mahasiswa diharapkan dapat memahami dengan baik cara penyelesaian transaksi akuntansi dari awal hingga pembuatan laporan.

“Dengan belajar menyelesaikan persoalan transaksi akuntansi dapat membantu memahami dan menyelesaikan masalah terkait keuangan di perusahaan tersebut, dan juga sebagai alat untuk menentukan arah kebijakan yang akan diambil. Hal ini, sangat berguna bagi mahasiswa sebagai calon akuntan professional untuk tahu dan memahami arah kebijakan sebuah perusahaan yang sedang berjalan” , ungkap Husni Mubarok.

Pada hari kedua dilakukan uji kompetensi kepada mahasiswa SIA yang diwajibkan mengerjakan berbagai sosl-soal terkait dengan transaksi akuntansi. Para peserta sangat antusias mengikuti tiap tahapan ujian yang memang benar-benar ketat, sehingga semua peserta terlihat sangat serius dalam mengerjakan soal.

Di akhir kegiatan Husni Mubarok juga menyampaikan kepada para peserta bahwa peserta yang lulus dalam uji kompetensi ini akan menerima sertifikat kompetensi sebagai pengakuan kehandalan dalam penguasaan bidang akuntansi.

“Sertifikasi kompetensi akan diberikan kepada mereka yang benar-benar kompeten di bidang akuntansi dan bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa jika lulus nanti sebagai bukti bahwa mahasiswa mempunyai kemampuan yang diakui di  bidang akuntansi”, lanjutnya.

Kegiatan uji kompetensi di UBSI ini juga dilakukan di program studi lain yang tentunya akan menjadi barometer bagi perkembangan kualitas para peserta didik/mahasiswa dalam mempelajari bidang ilmu yang ditekuninya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.