Dosen UBSI Pontianak Beri Pelatihan dan Hibah Aplikasi Ziswaf (Zakat, Infaq, Sedekah, Dan Wakaf) Pada Yayasan Bani Yusuf Pontianak

0 50

Pontianak Bsi-News

Dosen UBSI Kampus Kota Pontianak Program Studi Sistem Informasi Akuntansi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Yayasan Bani Yusuf Pontianak Jalan Dharma Putra XII No 89 Kalurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat.  Dengan mengangkat tema “ Pelatihan dan Pemanfaatan Aplikasi ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf) pada Yayasan Bani Yusuf Pontianak”. Kegiatan yang merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia tersebut dilaksanakan  pada 21 desember 2019 hingga 25 Januari 2020.

Kegiatan berlangsung selama empat kali pertemuan dengan memberikan pelatihan serta pemahaman informasi pengelolaan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf berbasis digital sehingga membantu mempermudah kerja bagi pengurus di Yayasan Bani Yusuf. Aplikasi yang di buat merupakan hasil analisa dan dirancangan dari tim pengabdian masyarakat sehingga tepat penggunaannya.

Tim pengabdian masyarakat dari UBSI Kampus Kota Pontianak terdiri dari 3 dosen di antaranya Wahyu Nugraha sebagai ketua tim, Raja Sabaruddin sebagai pemberi tutor, Heru Setiawan sebagai anggota dan 4 mahasiswi prodi sistem informasi yakni Raja Qonaah, Istiqomah, Anggelika, dan Sinta Bella.

Peserta pengabdian masyarakat ini di fokuskan bagi pengurus di Yayasan Bani Yusuf terutama di bagian bendahara. Hal ini dikarenakan zakat, infaq, sedekah dan wakaf di kelola langsung oleh bagian bendahara. Sehingga peserta yang di latih hanya pengurus bendahara saja.

“Aplikasi ZISWAF yang di buat diharapkan bisa membantu mempermudah dalam mengelola amanah ummat berupa zakat, infaq, sedekah dan wakaf di Yayasan Bani Yusuf, terutama dalam proses rekapitulasi dan laporan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan sehingga lebih cepat dan mudah”. Ujar Wahyu Nugraha selaku ketua tim pengabdian masyarakat.

Sementara menurut Junaidi H Muhammad Yusuf selaku pengurus Yayasan Bani Yusuf, menuturkan aplikasi ZISWAF yang di berikan sangat membantu dalam proses pelaporan dan transparasi dana ummat.

“Saya selaku pengurus Yayasan Bani Yusuf sangat terbantu dengan adanya aplikasi ZISWAF dari dosen UBSI Kampus Pontianak, saya memberikan apresisasi yang sebesar-besarnya kepada para dosen dan mahasiswa yang peduli dengan tempat ibadah muslim yang ada di Yayasan Bani Yusuf agar dana dapat di catat dan di kelola dalam bentuk digital, sehingga transparasi lebih tejaga dan lebih cepat” tutur Junaidi.

Ia berharap semoga kedepannya UBSI Kampus dapat melakukan kegiatan serupa secara berkesinambungan dan dapat membantu masjid-masjid lainnya di Pontianak dalam memanfaatkan aplikasi ZIZWAF guna mempermudah bagi pengurus mengelola data zakat, infaq, sedekah, dan wakaf dan transparasi lebih terjaga. (KTH)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.