PRODI PENYIARAN UBSI GANDENG LSP P1 INSCINEMA Pembekalan dan Sertifikasi Kompetensi Operator Kamera bagi Mahasisa Prodi Penyiaran

0 9

Jakarta Bsi-News

Kalimalang 22 Januari 2020 – Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika  Program studi penyiaran (prodi )Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) telah melakukan ujian sertifikasi komptensi (serkom) operator kamera kualifikasi okupasi nasioanal kepada mahasiswanya pada Rabu 22 Januari 2020 di Kampus UBSI Kalimalang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan lulusan serta tenaga siap saing yang kompeten pada bidang penyiaran baik nasional dan internasional.

Pada kegiatan serkom ini pihak program studi prodi penyiaran  UBSI bekerjasama dengan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Inscinema. Tercatat sejumlah  71 mahasiswa prodi penyaiaran yang mengambil ujian sertifikasi kompetensi dengan skala okupasi nasional. Hal ini sesuai dengan agenda Universitas Bina Sarana Informatika  dalam membekali mahasiswanya dengan surat keterangan pendamping ijazah yang juga merupakan program dari Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya dalam meraih  Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk mahasiswa, dan juga sekaligus sebagai tolak ukur keberhasilan dari materi tentang kamera dan videografi yang terdapat pada kurikulum.  Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dari tujuan kegiatan sertifikasi kompetensi sebagai modal dasar agar para lulusan prodi penyiaran BSI untuk bisa menjadi tenaga penyiaran (broadcaster) yang handal pada skala nasional bahkan internasional.

Ujian kompetensi berlangsung melalui dua proses. Proses pertama yakni ujian teori yang dilakukan secara on line. Disini mahasiswa bisa melakukan ujian dimanapun yang penting sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pihak LSP P1 Inscinema. Proses selanjutnya ujian praktek pengoperasian kamera yang dipusatkan di Kampus UBSI Kalimalang. Pada ujian ini para peserta, dalam hal ini mahasiswa bertemu langsung dengan tim asesor dari pihak LSP P1 Inscinema terdiri dari yakni Wahyu Wari Pintoko, Soemarto Bambang dan Haryo Windratno. Pada kesempatan ini juga mahasiswa bisa memperlihatkan portfolio hasil karya shooting yang mereka buat kepada asesor sebagai bahan pertimbangan untuk menilai dan memutuskan status kompetensinya pada skema tersebut.  

Sebelum pelaksanaan ujian pihak LSP P1 Inscinema memberikan pembekalan kepada para peserta yang merupakan mahasiswa semester lima selama dua hari di kampus UBSI Kalimalang yakni pada tanggal 20 – 21 Januari 2010.  Materi pembekalan disampaikan oleh praktisi kamera yakni Amran Malik Hakim. Materi tersebut berisi tentang pemahaman kamera penyiaran serta praktek pengunaanannya pada dunia kerja.

Kepala program studi penyiaran Univeritas Bina Sarana Informatika, A.Munanjar S.I Kom, MM menyatakan bahwa pada kegiatan ini  mahasiswa memperoleh suasana dan pengalaman belajar yang berkualitas. Karena pada sesi pembekalan yang diberikan oleh pihak LSP P1 Inscinema para mahasiswa bisa praktek langsung dengan para praktisi. Disini mahasiswa dibimbing  dan melakukan praktek kamera bersama dengan para praktisi. Dengan demikian para mahasiswa bisa mencerna dan dengan mudah memahaminya .

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.