APTIKOM Kalbar Gelar Sertifikasi Kompetensi Dosen PTN/PTS Se-Kalimantan Barat

0 98

Pontianak Bsi-News

APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) Kalimantan Barat  bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dan Universitas Tanjungpura dan didukung oleh LSP Informatika sukses menggelar kegiatan “Sertifikasi Kompetensi untuk Dosen PTN/PTS Se-Kalimantan Barat”. Kegiatan sertifikasi tahap I ini berlangsung pada 08  Februari s.d. 09 Februari 2020 di Kampus UBSI Kota Pontianak.

Kegiatan yang digelar untuk melakukan sertifikasi kompetensi (serkom) bidang TIK ini diikuti oleh 29 peserta dari tiga universitas yaitu Universitas Tanjungpura, UBSI Kampus Pontianak dan IKIP Pontianak.

Kegiatan serkom menghadirkan tiga Asesor Kompetensi (Askom) yang bertugas untuk menguji semua peserta. Salah seorang Askom dari UBSI, yakni Agung Sasongko dan dua asesor lainnya dari LSP Informatika, yakni Farisya Setiadi dan Albaar Rubhasy.

Tursina, ketua panitia kegiatan ini mengungkapkan bahwa sertifikasi kompetensi dosen merupakan hal yang sangat penting.

“Dosen-dosen teknik informatika UNTAN diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri dengan lulus uji sertifikasi kompetensi skema programmer dan sistem analis agar kami dapat segera membentuk P1 dan TUK mandiri seperti Universitas Bina Sarana Informatika,”pungkasnya.

Muhammad Sony Maulana selaku sekretaris APTIKOM Kalimantan Barat menjelaskan kegiatan ini merupakan lanjutan dari proses kerjasama antara APTIKOM Kalbar, UNTAN dan UBSI.

“Dengan dilaksanakannya serkom skema programmer dan sistem analis yang didukung oleh LSP Informatika, diharapkan tahap selanjutnya lebih banyak lagi PTN/PTS di Kalbar yang memiliki jurusan komputer bekerja sama dengan APTIKOM Kalbar untuk menggelar sertifikasi kompetensi bidang TIK dengan SKKNI 2019,”jelas Sony.

Sementara menurut Albaar Rubhasy, Kepala Bidang Sertifikasi LSP Informatika mengatakan secara umum kompetensi dosen-dosen teknik informatika UNTAN, UBSI dan IKIP Pontianak yang mengikuti sertifikasi sudah tergolong baik. Namun, tetap perlu ada upaya peningkatan kualitas dan keilmuan terkini di bidang TIK.

Sony berharap dengan diadakannnya kegiatan ini, dosen-dosen komputer dapat memiliki kompetensi sesuai dengan kemampuannya dan dapat diakui serta dibuktikan dengan memiliki sertifikat kompetensi bidang TIK dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.