Pelatihan Pengetahuan Teknologi Informasi Untuk Menyaring Berita-Berita Negatif Komunitas Mersifm Fans Club

0 3

Jakarta Bsi-News

UU Nomor 19/2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik  memuat definisi konten negatif atau disebut pula sebagai konten ilegal.

Definisi konten ilegal ialah informasi dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman, penyebaran berita bohong dan menyesatkan sehingga mengakibatkan kerugian pengguna. Selain itu, konten negatif juga diartikan sebagai substansi yang mengarah pada penyebaran kebencian atau permusuhan berdasarkan suku, agama, ras, dan golongan

Grafik Pertumbuhan Penggunaan Internet Rumah Tangga (Sumber BPS (2019)) Dengan berkembangnya akses internet pada rumah tangga sesuai grafik diatas, maka sangat dimungkinkan berkembangnya konten negative di kalangan masyarakat. Atas dasar tersebut maka diadakanlah pengabdian masyarakat yang dilakukan pada tanggal 29 Desember 2019, Jl. Hos Cokroaminoto No.37 Larangan Utara-Kota Tangerang. Ketua Pelaksana Ayuni Asistyasari, Tutor  Nining Surharyanti,  Anggota  Arina Muntazah, Eko Yulianto, Darlyss Chendy Y.P (mahasiswa), Wita Anghela (mahasiswa).

Tema Pengabdian masyarakat kali ini yaitu pelatihan pengetahuan teknologi informasi untuk menyaring berita-berita negative pada Komunitas Mersifm Fans Club dengan peserta dari komunitas Mersifm Fans Club.

Acara yang mana dihadiri oleh 20 peserta mengulas berbagai macam contoh dari berita dan gambar-gambar hoaks. Salah satu sesi yang menarik adalah ketika pemaparan bagaimana kita mampu mengidentifikasi salah satu gambar yang cukup provokatif melalui “google search image”. Melalui menu tersebut beberapa gambar yang digunakan oleh salah satu berita yang provocative ternyata diketahui digunakan oleh beberapa situs berita resmi dengan penjelasan yang berbeda. Yang akhirnya kita mengartikan berita yang provocative tersebut adalah hoaks.

Para peserta cukup antusias dalam mengikuti sesi tersebut. Mereka berharap agar acara tersebut dapat dilakukan kembali dengan pengatahuan yang baru lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.