Dosen Universitas Bina Sarana Informatika adakan Kreativitas Pembuatan Souvenir Pada Workshop Pemanfaatan Google Clasroom untuk KBM TPQ Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok

0 60

Depok Bsi-News

Sabtu, 18 April 2020 ditengah pandemi Virus Covid–19, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen yang berada di bawah naungan Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana   Informatika. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kreativitas  pembuatan souvenir agar peserta pelatihan dapat memanfaatkan keberadaaanya dirumah yang disebabkan adanya kondisi Work Form Home (Bekerja Dari Rumah) akibat wabah virus Covid 19 yang terjadi di Indonesia, dimana hal ini mempengaruhi income atau pendapatan keluarga karena sudah banyak sumber daya manusia yang dirumahkan.

Dengan tetap menerapkan physical distancing sesuai himbauan pemerintah,  kegiatan ini  berlangsung dengan lancar dan tanpa kendala. Kegiatan yang mengusung tema Kreativitas Pembuatan Souvenir Pada Workshop Pemanfaatan Google Clasroom untuk KBM TPQ Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok di mulai pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dihadiri oleh 16 peserta dengan pembagian 1 ruangan untuk 4 peserta, sehingga kegiatan ini menggunakan 4 ruangan. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen yaitu Ahmad Ishaq, M.Kom., Aam Aminudin, S,Sos,MM, Nining Suryani, M.Kom, Rame Santoso, M.Kom, Setiaji, M.Kom, Teni Agustina, M.Pd dan 1 mahasiswa yaitu M. Rizky Ferdina,  diawali dengan pembukaan oleh Bapak Setiaji, M. Kom selaku Kepala Kampus UBSI kampus Fatmawati dan supervisi kegiatan PM yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kreativitas pembuatan souvenir.

Pemaparan materi kreativitas pembuatan souvenir oleh Bapak Rame Santoso,M. Kom yang di ikuti oleh peserta dengan menggunakan lcd pada masing-masing ruangan dan aplikasi zoom untuk anggota panitia. Materi yang di berikan dimulai dari membuat kreativitas gambar/desain menggunakan photoshop atau dengan tools drawing lainnya. Selanjutnya pemaparan bagaimana gambar yang sudah dibuat di transformasi ke souvenir, dalam kegiatan ini souvenir yang di pilih adalah mug. Selanjutnya adalah pemaparan teknik menempelkan gambar ke souvenir. Dan terakhir adalah proses pencetakan gambar, biasanya dinamakan dengan pressing, menggunakan alat Hot Pressing Machine yang mempunyai pembakaran dengan panas mencapai suhu 350 derajat celcius.

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta, hal ini dapat dilihat dari antusiasnya peserta pada saat pemaparan materi dan praktek pembuatan souvenir. Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh peserta karena sangat tertarik dengan materi yang dibawakan, diantaranya pertanyaan yang dilontarkan adalah beli mug dimana, apakah bisa menggunakan mug biasa yang dibeli dipasar, kertas yang dipakai apa khusus juga, tintanya menggunakan tinta khusus, printer yang dipakai merk apa, berapa lama proses pembakaran, apakah media souvenir dalam hal ini mug bisa menggunakan mug biasa yang ada dirumah, apakah jika sudah dilakukan proses coating mug dapat di coating kembali, dan masih banyak lagi pertanyaan yang di layangkan oleh peserta. Dengan sabar pemberi materi dalam hal ini Bapak Rame Santoso, M. Kom menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan rinci. Selain pertanyaan yang diajukan, mereka juga berharap bahwa kegiatan pelatihan ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka, “Kami berharap kegiatan ini berkelanjutan dengan materi yang berbeda agar pengetahuan kami bertambah”, ucap salah satu peserta.

Diakhir kegiatan, dilakukan penutupan dengan pemberian cindera mata oleh kedua belah pihak sebagai kenang-kenangan, semoga ilmu yang telah kami berikan dapat berguna dan bermanfaat untuk TPQ Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok.(NNS)

Format penulisan yang dapat digunakan adalah dalam bentuk blok paragraf seperti ini. Penulisan tidak ditulis dalam colom atau format lainnya.

Untuk foto kegiatan / dokumentasi kegiatan boleh dalam bentuk foto atau video kegiatan. Video disertakan dalam bentuk link URL berupa smatan dari halaman youtube sedangkan untuk foto disarankan dalam bentuk landscape dengan resolusi minimal 1200 x 800 px. Penyematan dokumen foto pada press release sebanyak minimal 5 foto kegiatan dan tidak di wrapping. (author)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.