“PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM”

0 81

PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN  PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN (D-III) FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Jakarta Bsi-News

Strategi yang diambil Pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi, adalah dengan  mendorong pengembangan UMKM mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usaha sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan. Pada sisi lain, UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam skala yang besar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar sehingga hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran. Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia sebagai wadah para pengusaha di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan pendidikan, latihan, dan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat dalam rangka pembinaan dan pengembangan kemampuan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di berbagai bidang. Salah satu hal yang permasalahan dan penting dimiliki pelaku UMKM adalah kemampuan untuk melakukan pemasaran melalui internet. Di Era digital  ini orang cenderung lebih memilih untuk membeli produk lewat Online, untuk itulah penting bagi para pelaku UMKM memiliki ketrampilan marketing lewat internet. Agar produk yang dipasarkan lebih banyak dikenal orang, dan dapat meningkatkan penjualan. Berdasarkan hal tersebut di atas  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika untuk menyelenggarakan  kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Digitalisasi Marketing pada UMKM

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 02 Mei 2020 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Digitalisasi Marketing pada UMKM”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Nurhidayati dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Sugiyah dengan dibantu oleh Bpk. Dedy Syahyuni serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (D-III) Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Mutiara Aprilianti dan Shiffa Nurul Azizah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 20 orang peserta para pelaku UMKM binaan KADIN. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Edy Ganefo (Ketua KADIN Indonesia)  dan Hurhidayati, S.H, M.H yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi (Digital) dalam kegiatan pemasarannya. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu. Sugiyah menjelaskan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi digital didalam pemasaran pemasarn produk UMKM Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 14.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Pelatihan Digitalisasi Marketing pada UMKM ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM binaan KADIN. (NHT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.