SOSIALISASI GERAKAN PMS (PAKAI MASKER SEKARANG) BAGI REMAJA DILINGKUNGAN RW 13 PEKAYON

0 29

Jakarta Bsi-News

Kewajiban seorang dosen ialah menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi di setiap semester. Melakukan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Masyarakat (PM) ditujukan bagi masyarakat lingkungan Perguruan Tinggi, yakni dengan mengadakan kegiatan yang berguna dan bermanfaat seperti workshop, pelatihan, penyuluhan, sosialisasi, kerja sosial dan lain sebagainya. Materi yang diberikan pun akan membahas mengenai permasalahan yang terjadi di masyarakat atau yang sedang trend-in saat ini.

Pada semester genap 2020 ini kami para dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta melakukan Pengabdian Masyarakat berupa sosialisasi gerakan PMS (Pakai Masker Sekarang) sebagai media edukasi bagi remaja dilingkungan RW 13 Kelurahan Pekayon Jaya Bekasi Selatan pada Sabtu, 02 Mei 2020. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini di seluruh dunia sedang dilanda pandemic virus Covid-19 (corona) tidak terkecuali Indonesia. Media pemberitaan massa menginformasikan bahwa metode penyebaran utama Covid-19 diduga adalah melalui droplet. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang dapat mengandung virus penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Virus Covid-19 dapat menyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah (hidung, mulut dan mata) seseorang. Covid-19 mudah sekali menyebar dan menimbulkan gejala seperti demam, batuk dan flu pada seseorang yang sudah terkontaminasi. Periode munculnya gejala adalah lima sampai empat belas hari. Pencegahan dari penyakit ini ialah dengan memberlakukan kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan seperti: mencuci tangan setelah keluar rumah atau berkontak langsung dengan orang lain (baik ia terkontaminasi atau tidak), mengganti pakaian dan merendamnya selepas bepergian, menyiapkan handsanitizer untuk digunakan setelah menyentuh barang-barang umum, berjemur di pagi hari, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih.

Kegiatan PM kami kali ini tergolong menyentuh hati dan baru pertama kali kami lakukan yakni dengan menggunakan virtual meeting zoom/google meet, hal ini dikarenakan pandemic Covid-19 yang sudah menjangkit banyak penduduk Indonesia sehingga pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai wilayah.

Mengingat semakin maraknya pemberitaan yang muncul di televisi, surat kabar, media online, media sosial dan lainnya mengenai Covid-19 yang telah banyak memakan korban jiwa dan menumbangkan masyarakat di Indonesia tanpa memandang aspek geografi ataupun demogafi, maka diharapkan upaya PM kami dengan sosialisasi PMS (Pakai Masker Sekarang) bagi remaja di lingkungan RW 13 Pekayon Bekasi ini dapat efektif dan dapat mengedukasi mereka perihal pentingnya menggunakan masker jika ingin keluar rumah. Hal ini disinyalir banyaknya remaja yang masih tidak peduli terhadap penggunaan masker apabila mereka hendak keluar rumah, dengan dalih ribet, malah sulit untuk bernafas hingga masker tidak sesuai dikarenakan motifnya kurang menarik. Sosialisasi kami juga diiringi dengan membagi-bagikan masker bagi para remaja dan beberapa masyarakat lainnya di RW 13 Pekayon Bekasi, hal ini dilakukan oleh salah satu perwakilan kelompok kami yang bertempat tinggal di lokasi PM.

Pengabdian Masyarakat yang berupa sosialisasi gerakan PMS (Pakai Masker Sekarang) sebagai media edukasi bagi remaja dilingkungan RW di 13 Kelurahan Pekayon Jaya Bekasi Selatan diketuai oleh Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd dan sebagai tutor ialah Devy Putri Kussanti, S.Sos, M.Si serta anggota tutor ialah Kasmin, S.Pd, MM.Par dan Lambarski Caesariano, M.I.Kom. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd selaku ketua PM dan juga Bpk Yana selaku perwakilan dari RW 13.

Sebagai penutup pada acara ini dilakukan pembagian masker bagi beberapa perwakilan peserta dan dilakukan pula oleh perwakilan dari panitia yang bertempat tinggal dekat dengan lokasi PM. Pada sambutan akhir acara Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd menyatakan agar kedepannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat berlangsung secara berkesinambungan dan disteujui secara langsung oleh Bpk Yana, kemudian ditutup dengan sesi capture foto bersama panitia dan seluruh peserta PM.

Leave A Reply

Your email address will not be published.