DOSEN FEB UBSI GIAT MEMBERIKAN PELATIHAN KEPADA PEMUDA KARANG TARUNA UNTUK MEMULAI BISNIS PENJUALAN DENGAN E-COMMERCE

0 0

Jakarta Bsi-News

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi bagi para dosen tidak menyurutkan semangat berbagi oleh Dosen FEB UBSI (fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika) Ditengah pandemik covid-19 untuk memberikan pelatihan bagi para Pemuda-Pemudi Karang Taruna RW 01 Kelurahan Pinangsia Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat.   

Pelatihan yang diselenggarakan pada hari Sabtu (2/5/2020) dilakukan dengan komunikasi tatap muka  secara online dari pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB, dihadiri oleh para Dosen FEB UBSI, ketua dan Anggota Karang Taruna RW 01 Pinangsia. Pelaksanaan Pengabdian Masayarakat ini di pimpin oleh Ketua Pelaksana Aloysius Rangga Aditya Nalendra,S.S,M.M, Tutor Ana Ramadhayanti S.Ikom, MM, Anggota PM Agni Isador Harsapranata, MM, M.Kom, Dewi Astuti, S.Si, MM dan Joko Ariawan, SE, MM serta dibantu oleh dua mahasiswa yaitu Ahmad Baidawi Alawy dan Alimatuts Satdiah. 

Presentasi dan diskusi yang diadakan selama 2 jam ini memberikan dampak positif bagi para pemuda yang termotivasi untuk melakukan usaha melalui e-commerce.

Saat ini perkembangan bisnis secara global cukup pesat terjadi, hal ini berkaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, khusunya internet.  e-commerce juga merupakan wadah bagi para pemula bisnis yang ingin memiliki toko online tanpa merasa berat harus membeli/menyewa toko offline. Terutama pada situasi saat ini  semakin banyaknya masyarakat yang menerapkan physical distancing di tengah wabah Covid-19. Sebelum Covid-19, e-commerce hanyalah sebuah pilihan. Namun saat ini e-commerce merupakan satu-satunya cara untuk memulai berjualan dengan mudah dan bisa dijangkau masyarakat luas.

Para pengurus dan anggota Karang Taruna yang didominasi oleh generasi milenia sangat antusias mengikuti pemaparan/presentasi dari tutor yang menjelaskan materi. Berbagai pertanyaan muncul dari peserta pelatihan disela-sela tutor yang menerangkan materi. “Apa saja kesulitan atau tantangan yang dihadapi jika ingin memulai bisnis dengan market place?”, ini pertanyaan yang muncul dari salah satu peserta. Menanggapi pertanyaan ini tutor dan para dosen menjawab secara bergantian dengan penuh semangat, dimana pasti ada kelebihan dan kekurangan berjualan secara online. Dimulai dari tingkat keamanan bertransaksi yaitu sebagai penjual harus lebih berhati-hati dalam memberikan informasi terkait nomor rekening dan password akun market place harus dijaga kerahasiaanya. Selain itu, strategi, metodologi dan teknologi e-commerce harus benar-benar dipelajari dan diterapkan. Hal ini juga dipaparkan di dalam slide presentasi.

“Kami sangat senang bisa mendapatkan pelatihan ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan bisa membantu agar lebih inovatif dalam memulai bisnis online”, ungkap Jonathan salah seorang peserta. Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian sembako oleh para dosen UBSI kepada perwakilan Karang Taruna dan dilakukan simbolis secara daring. “Semoga kegiatan ini dapat terus berkelanjutan sehingga kami disini dapat lebih mahir lagidalam berbisnis online”, lanjut Yunita selaku Ketua Karang Taruna.

Para pemuda yang merupakan generasi milenial, memiliki semangat untuk belajar dan memiliki kemampuan menyerap teknologi secara cepat diharapkan mampu memiliki dan mengembangkan bisnis melalui e-commerce dan  menjadi bagian bagi kemajuan perekonomian nasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.