KONDISI DAN STRATEGI UMKM MENGHADAPI DAN PASCA PENDEMI COVID-19

0 12

WEBINAR PROGRAM STUI MANAJEMEN FEB UBSI

Jakarta Bsi-News

Pada hari Rabu  tanggal 6 Mei 2020  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika melakukan webinar melalui aplikasi zoom. Kegiatan webinar kali ini mengangkat tema “Kondisi Dan Strategi UMKM Menghadapi dan Pasca Pendemi Covid-19”. Kegiatan seminar diikuti oleh berbagai kalangan diantaran Dosen, Mahasiswa, pelaku UMKM dengan jumlah peserta sekitar 175.

Dalam sambutannya Diah Puspitasari selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBSI menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan webinar ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kepada para peserta seminar tentang strategi apa yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM agar tetap eksis di tengah wabah pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia. Beliau juga berpesan agar peserta seminar dapat mengikuti dan mencermati materi seminar agar dapat diambil manfaat positifnya.

Webinar kali ini dipandu oleh moderator Ida Zuniarti dengan nara sumber webinar R.M.  Tedy Aliudin, Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kadin Indonesia.  Menurut Tedy wabah covid-19 yang melanda Indonesia sangat berdampak negatif terhadap kegiatan ekonomi Indonesia, dampak tersebut juga dirasakan oleh para pelaku UMKM, diantaranya berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kadin Indonesia 83% pelaku UMKM melakukan stop usahanya, hal ini disebabkan oleh permintaan yang mengalami penurunan, terganggunya alur distribusi produk, dan terhambatnya bahan baku/pakan, dll. Strategi yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM agar tetap dapat melanjutkan usahanya diantaranya adalah menjaga mental dan motivasi, inovasi usaha, alih sementara jenis usaha, lakukan efisiensi serta lakukan evaluasi. Dengan strategi tersebut diharapkan para pelaku UMKM Indonesia dapat bertahan dan terus survive dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini.

Setelah pemaparan materi dari nara sumber acara dilanjutkan dengan tanya jawab, para peserta sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan kepada nara sumber.

Acara seminar dimulai dari tepat pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.00 dimana acara berlangsung dengan lancar dan antusias para peserta.  Semoga kegiatan webinar kali ini dapat memberikan hal yang positif khusunya kepada para peserta webinar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.