Pelatihan E-Business dan E-Commerce Bagi Remaja Karang Taruna RW 01 Pinangsia

0 218

Jakarta Bsi-News

Salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan kepada masyarakat sekitar. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yakni tanggal 2 Mei 2020, salah satu tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yang diketuai oleh Ibu Idah Yuniasih M.Pd mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan E-Business dan E-Commerce Bagi Remaja Karang Taruna RW 01 Pinangsia.

Dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 dan diterapkannya PSBB di wilayah DKI Jakarta sehingga pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kali ini mengharuskan untuk tidak turun langsung ke lokasi pengabdian, melainkan menggunakan dan memanfaatkan aplikasi media online salah satunya Zoom Meeting. Hal ini menjadi langkah yang tepat guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang sedang merebak saat ini.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sebanyak 16 orang yang terdiri dari 10 peserta dari perwakilan karang taruna pinangsia, 4 dosen dan 2 mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika. Pembukaan acara dilakukan oleh Ibu Idah Yuniasih, M.Pd selaku ketua tim dan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan yang disampaikan tutor yakni Andi Putri Djohar Tenri Waru, S.Ap.

Di era digital saat ini tentu hampir semua kalangan mengetahui dan bahkan pernah menggunakan e-commerce setidaknya sebagai konsumen. Pelatihan kali ini memperkenalkan dan menjelaskan terkait E-Business dan E-Commerce secara umum yang sering digunakan dan trend saat ini mulai dari seluk beluk lahirnya E-Commerce hingga kepada pengaplikasiiannya.  

E-Business dan E-Commerce merupakan hal yang dekat dengan remaja dan dengan adanya pelatihan ini remaja diharapkan mampu memanfaatkan E-Business dan E-Commerce ini dengan baik. Tentunya bukan lagi menjadi konsumen tetapi ikut andil dalam menjalankan Business Online. Apalagi adanya Pandemi Covid-19 ini mengharuskan banyak toko offline yang tutup ataupun gulung tikar, perilaku konsumen pun berubah menjadi lebih sering untuk belanja online. Oleh karenanya pelatihan E-Business dan E-Commerce ini sangat bermanfaat untuk Remaja Karang Taruna untuk menambah pengetahuan mengenai E-Business dan E-Commerce.

Selain memberikan penjelasan, para peserta juga dipersilahkan untuk aktif bertanya maupun sharing terkait pengalamannya berselancar dalam dunia e-commerce. Di akhir kegiatan dilakukan photo bersama secara virtual dan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan. Semoga Wabah ini segera berlalu dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan secara tatap muka. Amin. PDT

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.