UBSI AJAK SANTRI YAYASAN MARHAMAH JAKARTA MANFAATKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

0 70

Jakarta Bsi-News

Jumat, 8 Mei 2020, Dosen Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan Bahasa Inggris secara virtual menggunakan Google Classroom.

Kali ini pelatihan dipandu oleh Cicih Nuraeni, M.Pd sekaligus sebagai Ketua Pelaksana. Sejak pandemic Covid-19, semua kegiatan dilaksanakan secara online dengan memanfatkan platform pembelajaran seperti Google Classroom dan Google Meeting. Google Classroom merupakan salah satu platform atau aplikasi yang memiliki banyak manfaat dan menjadi tempat sistem pengintegrasian TIK dalam pembelajaran.

Pertama, platform tersebut dapat membantu Tutor dan siswa dalam menyimpanan tugas-tugas yang berbasis dokumen lunak yang paperless, mengaitkan sumber belajar melalui Google Drive, You Tube, dan link. Kedua, membuat quiz berbasis online dan tugas yang dapat dilakukan feedback secara digital baik antar siswa, kelompok, dan para Tutor, dan kelebihan-kelebihan lain dari aplikasi tersebut di atas.

 Selama pelatihan bahasa Inggris, siswa mengerjakan latihan soal sesuai tenggang waktu yang diberikan. Kelas digital dalam Google Classroom merupakan salah satu cara agar siswa dan para Tutor tetap terhubung sehingga feedback pembelajaran dapat secara akurat diberikan kepada siswa. Diharapkan dengan memanfaatkan Google Classroom ini siswa tetap dapat belajar dengan focus sehingga target pelatihan tercapai dan mutu pembelajaran dapat terjaga dengan baik.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.