FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA BERIKAN PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN TOKO ONLINE PASCA COVID 19

0 7

PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN  PROGRAM STUDI AKUNTANSI (D-III)

Jakarta Bsi-News

Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini tidak lepas dari peran para pelaku UMKM, akan tetapi pada masa pandemi covid 19 ini menyebabkan kegiatan perdagangan menjadi menurun drastis. Hal ini membuat banyak para pelaku UMKM yang mencoba memasarkan produknya secara online atau melalui media online. Tetapi hal ini terbentur dengan manajemen pengelolaannya yang masih kurang baik. Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia sebagai salah satu organisasi yang membina pelaku-pelaku UMKM berupaya membantu para pelaku UMKM untuk tetap dapat survive pada masa pandemi atau pasca pandemi Covid 19.

Kewajiban Dosen dalam memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Oleh karena itu beberapa Dosen yang berasal dari Program Studi Akuntansi (D-III) Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan membantu para pelaku UMKM untuk tetap dapat survive di masa pandemi Covid 19.

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 09 Mei 2020 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Manajemen Pengelolaan Toko Online Pasca Covid 19”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Indria Widyastuti dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Saridawati dengan dibantu oleh ibu. Sarlina Sari dan Bpk. Syamsul Bahri serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Raysha Rizky Amalia dan Nida Salsabila. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 12 orang peserta para pelaku UMKM binaan KADIN. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Edy Ganefo (Ketua KADIN Indonesia) dan Ibu Indria Widyastuti, S.E, M.Si yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM memiliki manajemen pengelolaan Toko Online yang tepat pada masa pandemi atau pasca pandemi Covid 19. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Saridawati menjelaskan tentang pentingnya para pelaku UMKM untuk mengelola toko onlinenya secara tepat dan efektif pada masa pandemi atau pasca pandemi Covid 19. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 15.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Manajemen Pengelolaan Toko Online Pasca Covid 19 ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM binaan KADIN. (IWI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.