Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Via Zoom Dengan Pelaku Umkm Binaan Kadin Pusat

0 21

Pengabdian Masyarakat Dosen  Program Studi Administrasi Bisni (D-Iii)

Jakarta Bsi-News

Dunia usaha saat ini sangat merasakan dampak dari adanya pandemi Virus Covid 19, dan yang paling terkena imbasnya adalah para pelaku UMKM. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Para penjual yang biasanya melakukan penjualan secara offline, tetapi dengan adanya larangan berkumpul disatu tempat membuat penjualan barang/jasa secara online menjadi satu-satunya cara agar tetap bisa bertahan ditengah pandemic ini. Para pelaku UMKM harus lebih kreatif dan optimal didalam memasarkan produknya secara online.

Para pelaku usaha harus lebih kreatif lagi untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis, khususnya UMKM harus mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Akan tetapi masih banyak para pelaku UMKM yang belum familiar dengan penggunaan media pemasaran secara online. Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia, sebagai salah satu lembaga yang melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM terus berupaya agar para pelaku UMKM dapat tetap survive di masa pandemi Covid 19.

Hal yang sama juga menjadi perhatian dari Program Studi (D-III) Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, terutama dalam mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Oleh karena itu Program Studi (D-III) Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan KADIN Indonesia dalam upaya membantu para pelaku UMKM untuk tetap dapat survive di masa pandemi Covid 19.

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 09 Mei 2020 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Strategy Penjualan Online Menghadapi Covid 19”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Sugiarti dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Hartanti dengan dibantu oleh Ibu Yulia Mujiaty dan Ibu Resti Yulistria serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (D-III) Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Yuni Elisa dan Faizah Aulia Ihsan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 12 orang peserta para pelaku UMKM binaan KADIN. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimuai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Edy Ganefo (Ketua KADIN Indonesia) dan Ibu Sugiarti, S.E, M.M yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media online didalam penjualan produknya di masa pandemi Covid 19. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Yulia menjelaskan tentang pentingnya melakukan kegiatan penjualan secara online pada masa pandemi Covid 19. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 14.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Strategy penjualan secara online menghadapi Covid 19 ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM binaan KADIN. (UGT)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.