FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA VIA ZOOM DENGAN PELAKU UMKM BINAAN KADIN PUSAT

0 7

PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN  PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D-III)

Jakarta Bsi-News

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sebagai salah satu organisasi pengusaha Indonesia, termasuk pelaku usaha UMKM terus berupaya untuk mengembangkan kegaiatan usaha dari pelaku-pelaku UMKM. Namun semenjak pandemi Covid 19 mulai melanda Indonesia, banyak UMKM yang bisnisnya terpukul. Terkait hal tersebut, KADIN Indonesia saat ini tengah berusaha membuat suatu program bagi UMKM-UMKM binaannya agar dapat survive di tengah wabah Covid 19. Dalam hal ini KADIN Indonesia berupaya mengubah pola pikir berbisnis dari para pelaku UMKM yang tadinya menggunakan strategi penjualan offline menjadi penjualan secara online.

Sebagai bentuk tanggung jawab Dosen dalam memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi dimana salah satu unsurnya adalah Pengabdian Masyarakat, maka beberapa Dosen yang berasal dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D-III) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan membantu para pelaku UMKM untuk tetap dapat survive di masa pandemi Covid 19.

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 09 Mei 2020 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Mengubah Pola Pikir Berbisnis Dalam Menghadapi Covid 19”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Bpk. Dedi Suharyadi dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Megawati dengan dibantu oleh Bpk. Raden Mohammad Riezky Pahlevi serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi Sistem Infromasi Akuntansi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Gita Aryandini dan Amalia Mayfriani Putri. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 11 orang peserta para pelaku UMKM binaan KADIN. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimuai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Edy Ganefo (Ketua KADIN Indonesia) dan Bpk. Dedi Suharyadi, S.E, M.M yang menyampaikan tujuan dari `Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM memiliki pola pikir yang lebih kreatif pada masa pandemi Covid 19. Dalam Kegiatan pengabdian ini Mega menjelaskan tentang pentingnya para pelaku UMKM untuk merubah pola pikir usahanya pada masa pandemi Covid 19. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 14.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Mengubah Pola Pikir Berbisnis Dalam Menghadapi Covid 19 ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM binaan KADIN. (DSI).

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2019 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Bpk Dedi Suharyadi, dan yang bertindak selaku tutor adalah Raden Mohamad Riezky Pahlevi dan Ibu Megawati serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Fatmah Rahmadani dan Anisah Darmawan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 23 orang peserta Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) lingkungan RPTRA Cipinang Besar Utara. Dalam Kegiatan pengabdian ini Bpk Raden menjelaskan tentang Penyusunan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM.

Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Dedi Suharyadi, S.E, M.M yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) dalam mengelola keuangan usahanya. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 11.00 WIB.

Semoga materi Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM ini dapat bermanfaat untuk Pengurus e-Warong dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH). (DSI)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.