PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI E-COMMERCE PADA KARANG TARUNA RW 01 PINANGSIA JAKARTA BARAT

1 99

Jakarta Bsi-News

 

Pengabdian Masyarakat kali ini sungguh terasa sangat berbeda dibanding pengabdian masyarakat pada semester lalu. Ditengah mewabahnya pandemic virus corona hingga himbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah terutama wilayah jakarta memaksa kami untuk menjaga jarak kepada siapapun. Namun kami sebagai Dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi dan Informasi tidak pernah patah semangat dalam menjalankan kegiatan rutin ini.

Kami mencari ide untuk terus melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tanpa harus melanggar dan mematuhi tata tertib peraturan dari pemerintah yaitu dengan menjaga jarak, namun kegiatan tetap berjalan dengan baik bahkan memberi manfaat untuk orang banyak. Pada akhirnya ide kami adalah memanfaatkan aplikasi tatap muka jarak jauh dengan memberi materi yang berkaitan dengan kondisi Indonesia saat ini, yaitu memberikan alternatif mencari penghasilan secara online tanpa harus bertatap muka dengan orang lain.

Target Pengabdian Masyarakat kami kali ini adalah anggota karang taruna yang diharapkan dapat mengerti sosialisasi menggunakan aplikasi zoom meeting. Karang Taruna merupakan suatu organisasi para pemuda pemudi untuk mengembangkan suatu daerahnya masing-masing. Karang Taruna yang kami latih adalah dari Rw 01 Pinangsia Jakarta Barat dengan peserta yang berjumlah kurang lebih 10 peserta. Pengabdian dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 02 Mei 2020 jam 09.00-11.00 WIB. Materi yang kami sampaikan yakni pemanfaatan aplikasi E-Commerce.

Tujuan kami melaksanakan pengabdian masyarakat pada Karang Taruna Rw 01 Pinangsia Jakarta Barat dikarenakan para pemuda pemudi ini juga ingin belajar cara memanfaatkan aplikasi e-commerce khususnya ditengah pandemic corona, dimana mereka bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai media bisnis online dengan berbagai keuntungan. Materi yang kami sampaikan sesuai dengan permintaan mereka kepada kami dengan tema sosialisasi pemanfaatan aplikasi E-Commerce.

Materi yang kami sampaikan antara lain sosialisasi berbagai macam komponen E-Commerce, kemudian keuntungan apa saja yang didapatkan dari pengunaan E-Commerce bagi pengelola bisnis, konsumen, dan bagi manajemen, kemudian kami juga memberikan sosialisasi strategi dalam berbisnis online, metodologinya hingga teknologi dalam pembuatan E-Commerce. Serta memberikan contoh bagaimana cara memanfaatkan E-Commerce dengan mudah.

Harapan kami agar materi yang telah kami sampaikan dapat diterapkan pada para pemuda pemudi karang taruna khususnya Rw 01 Pinangsia Jakarta Barat dalam pemanfaatan  aplikasi E-Commerce. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat berguna bagi peserta serta dapat meningkatkan ilmu pengetahuan.

Segenap Dosen dan Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika jurusan Sistem Informasi akan terus mengabdikan dirinya untuk masyarakat dalam mencerdaskan anak bangsa dan membantu sesama untuk melatih, berkarya serta terus memberikan ilmu yang bermanfaat dalam bentuk pengajaran untuk masyarakat seluruh Indonesia. NRF.

 

1 Comment
  1. […] Baca Juga: PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI E-COMMERCE PADA KARANG TARUNA RW 01 PINANGSIA JAKARTA BARAT […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.