PELATIHAN PENGENALAN E-COMMERCE UNTUK MENGEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA PADA KARANG TARUNA RW01 PINANGSIA JAKARTA BARAT

0 38

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis  Universitas Bina Sarana Informatika – Jakarta  Semester Genap 2019-2020  

Jakarta Bsi-News

Tahun 2020 ini akan tercatat dalam sejarah dunia sebagai sebuah tragedi duka kemanusiaan bersifat global. Dunia dikejutkan dengan munculnya wabah virus flu yang tergolong ganas  yaitu virus Covid 19. Penyebaran virus ini tidak terbendung dengan frekuensi penyebaran  yang  sangat cepat sehingga menjangkiti hampir seluruh belahan dunia. Selain mengakibatkan ratusan ribu korban jiwa, wabah ini juga menimbulkan efek negatif pada seluruh tatanan sistem yang pernah dibuat oleh manusia baik yang berbentuk sistem sosial hingga sistem ekonomi. 

Seluruh negara, termasuk Indonesia mengambil tindakan preventif berupa kebijakan pembatasan kegiatan sosial masyarakat, pembatasan alur transportasi hingga penutupan sementara sentra bisnis (perkantoran, pasar tradisional dan gerai niaga modern) yang dilakukan sebagai upaya untuk mencegah bertambah luasnya area penyebaran dan jumlah korban. Imbas dari kebijakan ini tentunya mengganggu mekanisme penawaran dan permintaan. Pelaku bisnis kemudian juga terpaksa melakukan penyesuaian dan efisiensi untuk mengimbangi neraca pengeluaran yang tidak sebanding dengan pemasukan seperti pemotongan gaji karyawan,  penutupan beberapa gerai,  hingga  melakukan PHK. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan gangguan secara signifikan terhadap kestabilan ekonomi dalam sebuah keluarga. 

Menyikapi fenomena ini,  Universitas  Bina  Sarana  Informatika berupaya untuk mengangkat kembali optimisme masyarakat terutama generasi milenial untuk survive dari kondisi penurunan ekonomi yang saat ini terjadi. Melalui peran Tri Dharma Perguruan Tingginya, pada tanggal 2 Mei 2020 para dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pengenalan E-Commerce Untuk Mengembangkan Jiwa Wirausaha Pada Karang Taruna Rw01 Pinangsia Jakarta Barat. Materi yang diajarkan antara lain adalah bagaimana menjadikakan internet sebagai showroom produk, bagaimana mengelola jaringan konsumen, memperkenalkan produk di dunia maya, dan lain lain.

Tujuan yang hendak dicapai melalui pelatihan ini adalah untuk mengasah jiwa wirausaha khususnya kepada generasi muda sebagai golongan dengan persentase interaksi internet tertinggi serta diharapkan dari pelatihan ini  terbuka wawasan dan cara pandang kaum muda bahwa kegiatan berbasis internet yang sering mereka lakukan tidak hanya sebatas refreshing tetapi ternyata dapat menjadi sumber penghasilan jika dikelola dengan baik. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.