Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Sarana Pendukung Pekerjaan Ibu-Ibu PKK; Covid-19

0 199

Jakarta Bsi-News

Dalam masa pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini, Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik & Informatika mengadakan pengabdian masyarakat pada Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Pondok Labu Jakarta Selatan dengan memperhatikan protokol Kesehatan dalam masa pandemi covid-19. Sabtu, (16/5/2020)

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sesuai protokol Kesehatan masa pandemi covid-19 yaitu dengan menjaga physical distancing. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Pengabdian masyarakat pada Ibu-Ibu PKK Pondok Labu dilakukan oleh Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Universitas Bina Sarana Informatika yang beranggota 5 orang terdiri dari Mahmud Safudin, M.Kom, Ahmad Sinnun, M.Kom, Yuri Yuliani S.Kom, Agung Fazriansyah, S.Kom, dan Irwan Herliawan, S.Kom.

Tema pengabdian masyarakat ini adalah “Pemanfaatan Aplikasi Zoom Untuk Mendukung Pekerjaan Pengurus PKK di Pondok Labu”.

Mahmud Safudin, M.Kom selaku ketua kelompok pada Pengabdian Masyarakat di Pondok Labu mengatakan, walaupun pengabdian ini dilakukan secara daring antusiasme peserta dari Ibu-Ibu PKK untuk menyimak dan mempraktikan materi yang diajarkan tidak lah surut. Karena mereka tau, materi ini sangat mereka butuhkan untuk mendukung pekerjaan mereka dalam masa pandemi covid-19.

“Antusiasme ibu-ibu PKK pada pengabdian masyarakat di pondok labu tidak lah surut, karena mereka mengetahui, betapa pentingnya materi ini untuk menunjang pekerjaan mereka selama masa pandemi covid-19jelasnya.

Pada sesi materi, Safudin mempraktikan bagaimana penggunaan aplikasi zoom dengan cara berbagi screen melalui aplikasi zoom. Awalnya ibu-ibu kurang percaya diri karena belum terbiasa menggunakan fitur video, namun berkat Safudin yang menyampaikan materi secara ramah dan dipadukan dengan candaan, ibu-ibu ini tak lama kemudian sangat terlihat senang dengan membalas candaan yang di lontarkan safrudin. Walaupun demikian, materi yang disampaikan dapat dicerna dan di praktikan secara benar oleh ibu-ibu PKK dan dibantu oleh tutor atau anggota kelompok.

Ibu Ida salah satu peserta pengabdian masyarakat mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya pengurus Ibu PKK di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Materi ini dapat kami implementasikan untuk mengadakan pertemuan secara online antar ibu-ibu PKK di Pondok Labu dengan mudah tanpa dibatasi jumlah orang. Dan tentunya kami bisa sharing screen supaya apa yang kami sampaikan, dapat mudah difahami oleh audience.

“Dengan mengikuti acara ini, saya jadi tau penggunaan aplikasi zoom untuk sarana meeting selama pandemi ini. Saya juga sangat suka, di aplikasi ini bisa sharing screen, jadi audience akan sangat mudah memahami materi yang disampaikan, seperti halnya bapak-ibu dosen dari UBSI saat menyampaikan materi dapat kami fahami secara cepat” ungkapnya.

Ibu-ibu PKK di Pondok Labu, Jakarta Selatan juga berterima kasih kepada Universitas Bina Sarana Informatika telah mengadakan kegiatan pengabdian di lingkungannya. Semoga ilmunya bermanfaat dan dapat kembali lagi mengadakan pengabdian masyarakat di Pondok Labu dengan materi-materi yang menarik terutama mendukung pekerjaan kami di era millennial ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.