SOSIALISASI PENTINGNYA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN DI MASA PANDEMIC COVID-19 BAGI REMAJA NYAUT ELGANGGA

0 35

 Jakarta Bsi-News

Menjadi seorang dosen, kami memiliki kewajiban yang harus dijalankan dan dilaksanakan, sebut saja Tridharma Perguruan Tinggi yang diantaranya ialah Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kali ini kami melaksanakan salah satu dari kewajiban kami yakni Pengabdian Masyarakat (PM), dimana maksud dan tujuan kami mengadakan PM selain kewajiban ialah untuk memberikan kontribusi kami secara maksimal sebagai dosen dengan memberikan informasi dan edukasi dalam berbagai bidang bagi masyarakat. Adapun bentuk-bentuk dari kegiatan yang dilaksanakan dalam PM seperti pelatihan, penyuluhan, sosialisasi, workshop, kerja sosial dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di tempat kami mengadakan PM.

Di semester genap 2020 kali ini kami para dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta melakukan Pengabdian Masyarakat berupa sosialisasi mengenai pentingnya kebersihan dan kesehatan di masa pandemic covid-19 bagi remaja Nyaut Elgangga yang diadakan melalui virtual meeting google meet pada Sabtu 16 Mei 2020. Hal ini merupakan tahun yang berat dan berkesan bagi masyarakat Indonesia dikarenakan adanya pandemic Covid-19 yang semakin hari semakin menyebar luas dan banyak memakan korban jiwa khususnya para orang usia lanjut. Ditengah pandemic ini kami tidak patah semangat dan tetap menjalankan kewajiban kami dalam merealisasikan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya ialah Pengabdian Masyarakat (PM). Pada umumnya PM diadakan dengan tatap muka dan kami memberikan pelatihan, sosialisasi dan sebagainya secara langsung, sehingga terciptanya hubungan komunikasi yang efektif tetapi kini kami mengadakan PM dengan cara virtual yang diperuntukkan bagi para remaja Nyaut Elgangga dan dikarenakan adanya instruksi dari pemerintah perihal PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai wilayah.

Kegiatan PM kali ini diadakan secara virtual karena metode penyebaran Covid-19 yang terbilang cukup cepat dan mudah, yakni melalui droplet atau partikel kecil dari mulut si penderita yang dapat mengandung virus penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Virus Covid-19 dapat menyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah (hidung, mulut dan mata) seseorang. Covid-19 mudah sekali menyebar dan menimbulkan gejala seperti demam, batuk dan flu pada seseorang yang sudah terkontaminasi. Periode munculnya gejala adalah lima sampai empat belas hari. Pencegahan dari penyakit ini ialah dengan memberlakukan kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan seperti: mencuci tangan setelah keluar rumah atau berkontak langsung dengan orang lain (baik ia terkontaminasi atau tidak), mengganti pakaian dan merendamnya selepas bepergian, menyiapkan handsanitizer untuk digunakan setelah menyentuh barang-barang umum, berjemur di pagi hari, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih.

Pengabdian Masyarakat yang berupa sosialisasi pentingnya kebersihan dan kesehatan di masa pandemic Covid-19 bagi remaja Nyaut Elgangga diketuai oleh Susilowati S.Sos, MM dan sebagai tutor ialah Murtiadi, M.Ikom serta anggota tutor ialah Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si, Iin Soraya S.Sos, MM       dan Andy Setyawan, S.Hum, M.Si serta 2 orang perwakilan mahasiswa dari program studi yakni Sun Anhilal dan Arief Fahlevi Restu. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Susilowati, S.Sos., MM selaku ketua PM dan juga Ibu Anisha Maharani selaku perwakilan dari pihak Elgangga.

Tutor PM Bpk Murtiadi, M.Ikom memberikan penjelasan mengenai apa itu Covid-19 dan bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemic virus ini. Disertai dengan beberapa contoh dari kasus yang ada di dunia dalam menangani pandemic ini. Beberapa dari anggota tutor pun memberikan materi mengenai kebersihan dan kesehatan yang mudah tetapi ampuh dalam menangani gejala penderita Covid-19, diantaranya dengan rajin mmbasuh tangan dengan sabun setelah bepergian jauh hingga mandi dan keramas. Dalam hal kesehatan masyarakat dapat mengkonsumsi buah-buahan local yang murah meriah dan mengandung banyak vitamin C untuk daya tahan tubuh, diantaranya jeruk, mangga dan buah lainnya yang sering kita jumpai di pasar.

Pada sambutan akhir acara Susilowati, S.Sos., MM menyatakan agar kedepannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat berlangsung secara berkesinambungan dan disteujui secara langsung oleh Ibu Anisha Maharani, kemudian ditutup dengan sesi capture foto bersama panitia dan seluruh peserta PM. (DPK)

Leave A Reply

Your email address will not be published.