WEBINAR UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA Creating the Culture of Service Excellence

0 35

Jakarta Bsi-News

Keberhasilan sebuah perusahaan dan organisasi dalam pelayanan publik sangat tergantung dengan sejauh mana sumber daya manusia yang terdapat dalam perusahaan dan organisasi tersebut dapat memberikan konstribusi bagi perkembangan perusahaaan dan organisasi dalam memberikan pelayanan prima kepada publik. Pelayanan prima atau yang sering disebut dengan Service Excellence merupakan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen sehingga dapat memberikan rasa puas.

Berdasarkan hal tersebut Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Webinar dengan tema “Creating the Culture of Service Excellence”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Juni 2020 pukul 14.00 s/d 15.30 WIB, dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 267 dan yang hadir dan ikut serta dalam kegiatan ini sebanyak 174 peserta. Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara live melalui aplikasi zoom, dengan menghadirkan Ibu Dr. Vera Agustina Yanti, S.Sos, MM sebagai narasumber dan Ibu Idah Yuniasih, M.Pd sebagai moderator.

Webinar ini dimulai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Dr. Ani Wijayanti, MM, CHE, “Service Excellence seyogyanya menjadi budaya dan kebiasan kita bersama” ujar Bu Dekan. Kemudian pada paparannya Ibu Vera menuturkan bahwa “harapan pelanggan dibagi menjadi 2 (dua), yang pertama adalah harapan pelanggan internal yang melingkupi kebersamaan kerjasama, kualitas, hubungan kerja dan imbalan, yang kedua harapan pelanggan eksternal yang melingkupi kemudahan dalam memperoleh barang dan jasa, persyaratan kualitas barang dan jasa, harga yang kompetitif, cara pelayanan yang tepat dan layanan purna jual dan tanggung jawab. Adapun pelayanan prima berdasarkan konsep dapat dilihat dari sikap, tindakan dan perhatian”.

Selain itu perusahaan sebagai penyedia layanan dikatakan berhasil dalam melayani apabila memiliki kemampuan melayani, memiliki power, ability, dan morality. Dalam penjelasannya Ibu Vera mengatakan bahwa unsur-unsur prinsip dalam budaya perusahaan dapat dilihat dari disiplin diri, kebersamaan, emphaty, kindness dan religious, serta ada beberapa aspek penting dalam mewujudkan budaya pelayanan prima yaitu, motivasi diri, kesadaran dan penegakan aturan diri masing masing.

Setelah pemaparan materi selesai, moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan diskusi mengenai pelayanan prima. Peserta antusias dalam megikuti kegiatan ini dapat dilihat dari peserta yang bertanya dan berdiskusi. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga apa yang menjadi tujuan dan target dari kegiatan ini dapat terwujud dengan baik, sehingga budaya prima ini dapat dipraktekan kepada rekan kerja, pimpinan, pelanggan dan dimanapun kita berada sebagai penyedia layanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.