Dosen UBSI Tingkatan Kualitas Penelitian Melalui Model SEM

0 17

Jakarta Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika kembali menggelar seminar daring dalam rangkaian kegiatan Webinar UBSI NEXT (Notable Expert Talk) pada Selasa (23/6). Seri Webinar UBSI NEXT mengusung tema yang berbeda dari berbagai bidang keilmuan. Dan webinar kali ini diisi oleh Program Studi Teknologi Informasi dari Fakultas Teknik dan Informatika dengan mengangkat tema “How to Solve the Problem of Sequential Equation Models with a Two Step Approach” yang mengungkapkan tentang cara pemecahan masalah suatu model berurutan dengan dua pendekatan.

Webinar ini ditujukan bagi mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat umum yang ingin mengenal serta meningkatkan pengetahuannya dalam menganalisis model menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).

Structural Equation Modeling (SEM) adalah alat statistik yang dipergunakan untuk menyelesaikan model bertingkat secara serempak yang tidak dapat diselesaikan oleh persamaan regresi linear. SEM mampu menyelesaikan model yang rumit yang sering muncul dalam dunia pemasaran atau bidang konsentrasi yang lain. SEM mampu menguji hipotesis-hipotesis yang rumit dan bertingkat secara serempak.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 yang dibuka dan dipandu oleh Ibu Rahayu Ningsih, M.Kom. selaku moderator yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Bina Sarana Informatika. Wabinar diawali dengan sambutan dari Bapak Dr. Didi Rosiyadi, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yaitu Bapak Hendra Supendar, M.Kom yang juga sebagai Ketua Program Studi Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika.

Dalam pemaparan materinya, Hendra menggunakan studi kasus yang sedang booming yaitu Covid-19, dimana saat ini kita mulai terbiasa melakukan banyak hal dari rumah, termasuk melakukan transaksi perbankan. “Banyak peneliti menjadikan two step approach sebagai momok, karena sulit, mereka inginnya yang mudah”, ujar Hendra.

Webinar ini cukup mengundang antusiame dari beberapa kalangan baik akademisi maupun praktisi. Berdasarkan pantauan melalui aplikasi Zoom, peserta yang mengikuti webinar ini sebanyak 49 orang terdiri dari berbagai institusi dan daerah di Indonesia. Selain melalui aplikasi Zoom, webinar ini juga ditayangkan secara live melalui kanal YouTube resmi Universitas Bina Sarana Informatika.

Sesuai agenda, kegiatan webinar berakhir dan ditutup pukul 11.30. Peserta berhak mendapatkan e-sertifikat dan salinan materi dengan terlebih dahulu mengisi kuesioner pada tautan yang diberikan. Semoga Webinar UBSI NEXT ini dapat menjadi fasilitas bagi mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum untuk dapat menambah pengetahuan sesuai dengan bidang keilmuan yang diminati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.