WEBINAR NEXT UBSI INTERNET OF THINGS FOR DAILY LIFE HACKS

0 34

Jakarta Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika melalui Program Studi Ilmu Komputer mengadakan WEBINAR UBSI NEXT (Notable Expert Talk) dengan mengusung tema “Internet of Things For Daily Live Hacks” webinar ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya para generasi muda untuk dapat berinovasi dan produktif dalam menggunakan perangkat-perangkat IoT.

Materi webinar disampaikan oleh Bapak Rian Septian Anwar, M.Kom (Dosen Ilmu Komputer UBSI) dan di pandu oleh moderator yaitu, Bapak Tommi Alfian Armawan Sandi, S.Kom Webinar ini tealah terselenggara pada tanggal 6 Juli 2020 Pukul 09.45 – 11.30 WIB secara online via Zoom Meeting dan Live via Youtube Universitas Bina Sarana Informatika dan diikuti oleh puluhan peserta, terdiri dari akademisi, dosen, guru, dan tenaga pengajar, mahasiswa dan juga dari masyarakat umum.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh moderator (sekaligus foto bersama) dilanjut dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Suharyanto, M.Kom selaku Wakil Rektor 2 Bidang Non Akademik UBSI, lalu di lanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Rian Septian Anwar, M.Kom, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta webinar, diantaranya dari Untung Rohwadi menayakan hal terpenting dalam sebuah lock system. contoh ketika kita sampai di depan rumah, pintu terbuka. nah ini sangat rawan dengan maling digital juga. karena tidak terlalu sulit untuk melakukan hack walaupun tak terlalu mudah. nah bagaimana cara menambahkan aspek security ini?? Bisa lalu di jawab oleh pemateri “mengaktifkan aspek akses 2 langkah verifikasi, kalau di system lama dengan RFID atau sidik jari atau key pad, maka sistem baru menggunakan raspberry pi untuk deteksi wajah (face recognition) untuk pengamanan dan juga menggunakan SSL pada aplikasi. Pertanyaan dari Albertus Harimurti, alat apa saja untuk menghubungkan sensor PH di hidroponik ke IOT, karena disitu ada air? Jawaban dari pemateri sensor PH sudah di design water proof, modul tetap diatas yang tenggelam hanya head sensor. modul tetep diatas air jadi tidak masalah kalau sensor PH digunakan untuk hidroponik.

Dengan terselenggaranya Webinar UBSI NEXT ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya para generasi muda untuk dapat berinovasi dan produktif dalam menggunakan perangkat-perangkat IoT.

Leave A Reply

Your email address will not be published.