Sosialisasi Psikologi Komunikasi Mengurangi Kepanikan Di Masa Pandemic Covid-19 Bagi Remaja Nyaut Elgangga

0 139

Jakarta Bsi-News

Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta kembali melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Akibat penyebaran pandemi Covid-19 yang kian meluas, maka perubahan konsep pengabdian masyarakat yang awalnya akan dilaksanakan di Studio Radio Elgangga, yang beralamatkan di Jl. Serma Marzuki, no. 30 Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi 17141, akhirnya diwujudkan secara online melalui media live streaming ZOOM, kepada para peserta yang tergabung dalam Komunitas Nyaut Elgangga.

 

Pengabdian masyarakat kali ini bertajuk “Sosialisasi Psikologi Komunikasi Dan Konsep Dalam Mengurangi Kepanikan Di Masa Pandemic Covid-19 Bagi Remaja Nyaut Elgangga”. Sekalipun memang belum semua peserta yang terlibat dalam acara ini sudah memiliki usaha, namun pelatihan ini diharapkan mampu menginspirasi para peserta tersebut dalam hal lain, terkait materi yang disampaikan. Mengingat perasaan cemas serupa juga dialami masyarakat. Sementara itu kecemasan merupakan hal yang manusiawi karena Covid-19 adalah jenis virus baru, yang penyebarannya masif dan mengancam nyawa dan arus informasi yang deras dari media massa dan media sosial sangat memengaruhi kondisi psikososial seseorang. Sehingga kecemasan masyarakat juga erat kaitannya dengan manajemen komunikasi publik dari pemerintah yang kurang baik. Ia menilai, pemerintah melakukan pendekatan kuratif, bukan preventif. kecemasan lebih banyak terjadi di masyarakat kelas menengah ke atas di perkotaan karena pandemi coronavirus sangat memengaruhi gaya hidup mereka.

Berbagai tips dan informasi seputar mengoperasikan kamera dan teknik mengambil gambar pada pengabdian masyatakat kali ini disampaikan secara lugas oleh Tuty Mutiah, S. Ikom, MM  dan Geofakta Razzal, S.I.Kom, M.I.Kom. Materi yang tak pernah ditemui sebelumnya oleh kebanyakan peserta ini, merupakan materi yang sangat menyita perhatian peserta, terutama saat sesi tanya jawab dibuka. Umumnya para peserta baru mengetahui bahwa Alasan lainnya, masyarakat di perkotaan banyak menelan informasi yang berserak ketimbang masyarakat di perdesaan. Di sisi lain, imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing dan tetap tinggal di rumah, juga bisa membuat orang cemas. Untuk itu, perlu adanya kegiatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan self safety dalam pencegahan COVID-19 ini melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Sosialisasi Psikologi Komunikasi Dan Konsep Dalam Mengurangi Kepanikan Di Masa Pandemic Covid-19 Bagi Remaja Nyaut Elgangga”. Adapun tujuan pelatihan ini adalah sebagai media edukasi dalam pencegahan penyebaran COVID-19 yang salah satunya dilakukan dengan kegiatan sosialisasi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan secara daring tersebut berakhir pada pukul 12:00 WIB, kemudian diakhiri dengan pemberian Doorprize kepada peserta, yaitu Komunitas Nyaut Elgangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.