UBSI Pontianak Siap Antarkan Mahasiswa Jadi Pengusaha Sebelum Wisuda

0 60

Pontianak Bsi-News

Tidak bisa dipungkiri pandemi covid-19 yang terjadi saat ini memukul telak pelaku bisnis dunia, tak terkecuali Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyusun sejumlah skenario pertumbuhan ekonomi Indonesia jika pandemi covid-19 berlangsung lama, yaitu pertumbuhan ekonomi hanya akan berkisar 2,5 %  bahkan bisa terjun hingga angka 0%. Artinya jika  0%, perumpamaannya ketika Gross Domestic Product (GDP) sekarang diangka 100 maka tahun depan juga 100. Tidak ada kenaikan, semua akan berlangsung tanpa penambahan produksi maupun perekrutan tenaga kerja baru. Sedangkan setiap tahunnya banyak orang  yang akan masuk pasar kerja seperti mahasiswa yang baru lulus kuliah (fresh graduate).

Banyak bisnis yang tidak bisa berkembang dan banyak tenaga kerja yang diberhentikan. Mengakibatkan daya beli berkurang dan pengangguran bertambah.

Keadaan ini memaksa pelaku bisnis merubah habbit usahanya dari perubahan produk hingga perubahan cara menjual. Contohnya, pelaku bisnis fashion sekarang lebih concern membuat masker daripada baju atau celana. Dan yang biasanya menjual produk di toko sekarang beralih ke marketplace maupun jaringan online lain.

“UBSI dengan lembaga yang telah lama dibentuk yakni BSI Entrepreneur Center (BEC) telah mendeklarasikan jauh-jauh hari kepada mahasiswanya akan kemungkinan-kemungkinan peristiwa seperti saat ini. Dimana menjadi pengusaha atau entrepreneur merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk digeluti,”kata Windi Irmayani, salah satu Dosen UBSI Pontianak.

Ia melanjutkan, mahasiswa mulai diperkenalkan dengan dunia entrepreneur sejak awal perkuliahan lewat Seminar Wajib Entrepreneur yang sekarang ini menjadi webinar. Dalam webinar UBSI menghadirkan pelaku bisnis yang sukses dan berpengalaman di bidangnya untuk membuka cakrawala pemikiran mahasiswa akan adanya peluang untuk menjadi pengusaha walau mereka belum wisuda.

Selain webinar mereka juga melakukan praktek usaha pada kegiatan Entrepreneur Fair yang diadakan setiap semester. Mahasiswa diminta membuat ide bisnis dan mewujudkannya dengan berjualan pada stand Entrepreneur Fair.

“Yang terpenting di masa pandemi covid-19 ini UBSI Pontianak juga mengajarkan bahwa strategi usaha harus cepat menyesuaikan diri dengan perubahan jaman,”ujar Windi.

Dengan menyediakan wadah berwirausaha melalui BEC Pontianak, UBSI Pontianak beserta seluruh kampus UBSI yang tersebar di Indonesia siap mengantarkan mahasiswa menjadi pribadi mandiri, kreatif dan tangguh dengan mencoba peluang berwirausaha. Serta siap mengantarkan mereka menjadi pengusaha sebelum wisuda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.