“Mengoptimalkan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (Tetap Produktif dimasa Pandemi Covid-19)”

0 135

#Obrolan Seputar Program Studi SI (OPSI) 

Jakarta Bsi-News

Menulis merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan pemikiran yang dituangkan dalam huruf- huruf yang menjadi sebuah satu kesatuan yang biasa disebut dengan tulisan, dimana tulisan ini merupakan penyampai atas pemikiran si penulis. Menulis erat kaitannya dengan kemajuan peradaban, karena tulisan memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah tulisan dapat mejadi instrumen perekam jejak sejarah dan instrumen untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini, dan argument dari keraiban, dan untuk menyebarkannya secara lebih luas.

Mengingat pentingnya suatu tulisan (karya tulis ilmiah) maka perlu pembahasan dan pendalaman kembali apa itu karya tulis ilmiah dan bagaimana membuat suatu karya tulis ilmiah agar terlihat lebih optimal. Terutama pada masa pandemi covid-19 ini dimana kita diharuskan berkegiatan dirumah saja, untuk menjaga agar tetap produktif dapat salah satunya memanfaatkan waktu dengan menulis, tak terkecuali dengan mahasiswa semester 4 Prodi SI UBSI (D3) dan rekan-rekan mahasiswa lainnya .

Sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi mengenai karya tulis ilmiah ini dan untuk mengisi kegiatan dirumah aja Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika Mengadakan webinar dengan tema “Mengoptimalkan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (Tetap Produktif dimasa Pandemi Covid-19)”. Webinar ini telah menghadirkan nara sumber yakni Eva Argarini Pratama, M.Kom, yang merupakan Ketua Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Purwokerto.

Kegiatan ini menarik pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang kita dituntut untuk tetap produktif dan kita bisa mengoptimalkan dalam hal menulis ilmiah walaupun dalam batasan “covid-19”, untuk memulai menulis jangan menunggu untuk diminta/dipaksa karenan tuntutan tugas kuliah jika mahasiswa sedangkan untuk guru atau dosen menunggu untuk kenaikan jabatan, demikian yang disampaikan Bapak Suparman HL, S.Sos., M.Si selaku kepala badan penjamin mutu akademik (BPMA) Universitas Bina Sarana Infromatika dalam sabutan pembukaan webinar ini. Sedangkan ibu Eva Argarini Pratama, M.Kom selaku nara sumber dalam dalam kegiatan webinar ini menyampaikan dengan menulis bisa menjadi cerminan peradaban atau kecerdasan yang tinggi dari suatu masa dari suatu bangsa dan jika ada niat untuk menulis mulailah dari hal-hal kecil/sederhana yang kita senangi dulu seperti yang disampaikan. Webinar telah terselenggara pada hari Selasa, tanggal 14 Juli 2020 pukul 10:00-11:30 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 69 orang melalui aplikasi zoom dan 18 mengikuti dengan live youtube dengan menggunakan aplikasi zoom dan live youtube. Dengan adanya acara ini diharapkan semangat untuk menulis suatu karya tulis ilmiah dapat bertambah disertai dengan peningkatan kualitasnya juga. Terutama bagi mahasiswa semester  4 Prodi SI UBSI (D3) yang sebentar lagi memasuki semeter 5 dan 6 dimana diharuskan membuat suatu karya tulis ilmiah berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.