Study Club Bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika

0 169

Jakarta Bsi-News

Ngobrol Online Penuh Inspirasi (NgOPI) kali ini fokus pada kegiatan study club oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HIMSI). Di era pandemi Covid-19, HIMSI beradaptasi melaksanakan study club dilakukan secara online. Kegiatan ini bagian dari tindak lanjut NgOPI yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2020 dengan tema Exploring Your Skill For Your Future During New Normal Era. Pada tanggal 25 Juli 2020 HIMSI mengambil sub tema Coding is Cool (Ngoding itu menyenangkan) dan dihadiri oleh mahasiswa semeter 2, 4, 6 dan 8.  Hasil diskusi dengan Ketua Program Studi Sistem Informasi Bapak Sriyadi, M.Kom untuk yang menjadi mentor atau instruktur adalah Bagas Feri Setya Budi (Ketua HIMSI) dan Virgian Akbar (Wakil Ketua HIMSI).  Pada kesempatan yang baik ini, Bapak Sriyadi memaparkan tema yang diambil pada study club berawal dari pertanyaan mahasiswa bagaimana mempresentasikan aplikasi sebagai karya mahasiswa kepada user lain. Di era physical distancing saat ini tentu tidak bisa dilakukan mahasiswa secara langsung.

Acara dimulai pada pukul 10.00 dipandu oleh moderator Putri Cahya menyampaikan bahwa materi study club yang dibawakan oleh Bagas dan Virgian sebagai solusi dari aplikasi karya mahasiswa yang selama ini hanya bisa diakses melalui localhost.  HIMSI hadir untuk memberikan pengalaman aplikasi yang dihasilkan mahasiswa bisa dipergunakan oleh banyak user melalui media internet. Kolaborasi Bagas dan Virgian mengarahkan dan memandu study club berlangsung selama 1,5 jam. Metode yang dipergunakan praktik langsung dengan menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh mahasiswa. Bagas diawal pemaparan materi keberhasilan dari study club peserta wajib mempersiapkan software pendukung seperti database manajemen system, karya aplikasi yang dimiliki, jaringan internet, account gmail sebagai langkah awal registrasi pada layanan ngrok.com.

Virgian sebagai mentor kedua memberikan contoh aplikasi perpustakaan (localhost)  diakses oleh para peserta melalui jaringan internet sebagai bukti tahapan-tahapan materi pada study club berjalan sesuai harapan peserta. Peserta tidak hanya mencoba akses, namun diperbolehkan melakukan create, read, update, delete(CRUD). Lili Kurniawan mewakili peserta semester 6 yang akan mengikuti ujian sidang tugas akhir secara langsung melakukan praktik  dan merasa senang karena dengan praktik seperti ini, aplikasi SPAM (Sistem Informasi Penjualan Aksesoris Mobil) pada Toko Mawar Car Audio secara langsung bisa diakses oleh dosen penguji. Study club kali ini juga ditemukan debug, karena akses ke localhost debug yang muncul adalah setiap user akses pada aplikasi, khusus untuk coding CSS tidak terbaca. Untuk mengatasi kendala tersebut Maruloh sebagai mentor tamu bertugas untuk monitoring dan memberikan solusi jika ditemukan berbagai masalah yang ada. Melaui arahan Maruloh agar CSS terbaca pada saat user lain akses aplikasi, maka harus ada modifikasi yang harus dilakukan pada base url dan pasti bisa mengatasi debug yang ada.

Study club selesai pada pukul 11.30, pada sesi penutupan moderator menyampaikan mahasiswa untuk tetap semangat dan selalu meluangkan waktunya untuk hadir dan mengikuti kegiatan-kegiatan HIMSI lainnya. Semoga materi kali ini memudahkan mahasiswa yang akan mempresentasikan atau mendemontrasikan aplikasi yang telah dibuat baik nanti pada semester 3,5,7 dan khususya kakak-kakak yang maju sidang skripsi dan tugas akhir tahun 2020.

Leave A Reply

Your email address will not be published.