UBSI DAN KADIN SIAP MENYIAPKAN LULUSAN YANG KOMPETITIF

0 328
UBSI DAN KADIN SIAP MENYIAPKAN LULUSAN YANG KOMPETITIF

Jakarta Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) telah melaksanakan seminar online NEXT (Notable Expert Talk) dengan tema “Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri guna Menyiapkan Lulusan yang Kompetitif”, Selasa, (28/07/2020). Kegiatan seminar online NEXT ini menghadirkan dua pembicara yang sangat handal.   Kedua pembicara tersebut adalah Diah Puspitasari selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Ketum Kadin Indonesia Eddy Ganefo.

Peserta yang  hadir dalam seminar online ini  terdiri dari berbgai kalangan diantaranya  mahasiwa, dosen, dunia industri, dunia usaha, UMKM, dan kalangan umum. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini disiarkan secara langsung melalui Zoom dan live streaming youtube. Seminar di buka dengan sambutan oleh Rektor UBSI Dr. Mochamad Wahyudi, M.M, M.Kom, M.Pd yang juga disertai dengan penandatangan MOU dengan Kadin Indonesia secara simbolis melalui Zoom. Seminar online NEXT sengaja mengandeng Kadin Indonesia sebagai salah satu mitra dari UBSI dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, hal ini bertujuan supaya perguruan tinggi dapat mengetahui sejauh mana kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri terhadap kemampuan baik softskilll maupun hardsklill dari para lulusan perguruan tinggi yang siap terjun di dunia usaha dan dunia industri, sehingga pihak perguruan tinggi dapat menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Diah Puspitsari, M.Kom sebagai narasumber dan juga Wakil Rektor I Bidang Akademik menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk menjalin kerjasama atau kemitraan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri yaitu Kadin Indonesia yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Perguruan tinggi berperan sebagai penghasil lulusan dan mengembangkan penelitian sedangkan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Indistri) menyerap hasil lulusan Perguruan Tinggi dan mengimplementasikan hasil penelitian Perguruan Tinggi, serta memberi umpan balik dan bersinergi dalam mensukseskan pembelajaran dan penelitian Perguruan Tinggi. Melalui seminar ini diharapkan UBSI mampu menghasilakan lulusan yang kompetitif, tambahnya.

Sementara itu, Ketum Kadin Indonesia Eddy Ganefo menyatakan, dengan makin pesatnya perkembangan teknologi tentunya akan berdampak kepada perdagangan dan industri.

Untuk itu menurutnya, sangatlah perlu dunia usaha menggandeng Perguruan Tinggi dalam rangka mengupdate dunia usaha sesuai perkembangan zaman atau perkembangan teknologi. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini terasa sekali teknologi terbarukan mempunyai dampak positif dalam dunia usaha.

“Contohnya mereka yang menguasai dan menerapkan teknologi industri 4.0 sangat diuntungkan dalam bisnisnya,” terang Eddy Ganefo.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.