Prodi SIA Kampus Kota Bogor Sukses Menggelar Webinar Accounting Software for UMKM

0 97
Webinar Accounting Software for UMKM

Bogor Bsi-News

Seperti yang kita ketahui, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah usaha yang dikelola oleh perorangan ataupun badan usaha. Dalam rangka meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM dalam bidang software akuntansi dan guna memudahkan pengelolaan keuangan usaha bisnis yang mereka miliki, maka Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor, Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan sebuah seminar online, yakni webinar Accounting Software for UMKM yang didukung oleh PT Indosat Ooredoo Bogor, 27 Juli 2020.

Webinar Accounting Software for UMKM ini diisi oleh Sri Wasiyanti, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor, Universitas Bina Sarana Informatika. Webinar ini juga dipandu dengan apik oleh Siti Masripah, M.Kom sebagai moderator, beliau juga adalah salah satu Dosen Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor.

Suharyanto, M.Kom selaku Wakil Rektor Bidang Non Akademik dan Yetti Damayanti selaku Kepala Marketing Komunikasi dari PT Indosat Ooredoo, Tbk turut memberikan sambutan dalam webinar Accounting Software for UMKM ini.

Webinar ini dimulai tepat pukul 09.30 dengan jumlah ±120 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari Mahasiswa, Dosen, sampai dengan Pelaku UMKM itu sendiri. Webinar ini menjelaskan dengan secara gamblang mengenai accounting software, contohnya seperti ABSS (MYOB), Zahir, dan Accurate. Accounting software itu sendiri adalah sebuah program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mempermudah pekerjaan pada akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan apa yang dilakukan secara manual.

Bukan tidak mungkin, para UMKM ini tidak menemukan sebuah kendala pada saat penggunaan accounting software nanti. Modal atau manajemen administrasi, bisa menjadi salah satu kendala bagi para UMKM ini. Entah itu harga software yang lumayan mahal, atau bisa saja kendala pada pengguna yang tidak memahami cara penggunaan software tersebut.

Dalam webinar ini, Sri Wasiyanti, M.Kom juga memberikan sebuah contoh studi kasus yakni bagaimana cara penginputan transaksi penjualan pada software Zahir Accounting. Mulai dari masukan data ke form Penjualan, kemudian secara otomatis terbentuklah Jurnal Penjualan, sampai dengan Laporan Penjualan. Terlihat praktis dan mudah jika mampu mengoperasikan accounting software ini.

Sri Wasiyanti, M.Kom juga memberikan tips untuk para pelaku UMKM, yakni pilihlah software akuntansi yang sesuai dengan usaha anda, lalu lakukanlah sharing kepada UMKM yang telah menggunakan software akuntansi. Gunakan fasilitas trial dari software akuntansi dan sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Diakhir acara, dipilih pemenang dari peserta yang mengajukan pertanyaan yang dinilai terbaik dan akan mendapatkan hadiah berupa paket IMPRENEUR.FIT 60Gb senilai Rp. 300.000,- dan 10 paket data 10 Gb Freedom untuk 10 pemenang.

Diharapkan para UMKM memiliki pengetahuan tentang software akuntansi yang dapat digunakan sebagai media dalam mengelola keuangan usahanya. (LDU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.