Prodi SI UBSI Pontianak Dorong Mahasiswa Jadi Programmer di Era Industry 4.0 dan Society 5.0

1 137
Programmer di Era Industry 4.0 dan Society 5.0

Pontianak Bsi-News

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Pontianak sukses menggelar Webinar dengan tema “Set Up Your Mind to Be a Young Programmer in Industry 4.0 and Society 5.0” via live conference menggunakan Zoom Meeting Apps, Rabu (29/07). Kegiatan ini diikuti sebanyak 140 peserta dari berbagai kalangan terutama mahasiswa.

Kegiatan Webinar yang dimoderatori oleh Anna, M. Kom ini dibuka secara resmi oleh Dr. Didi Rosiyadi, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UBSI. Serta pemaparan materi oleh narasumber yaitu Muhammad Sony Maulana, ST, M.Kom yang merupakan Ketua Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) UBSI Pontianak.

Dalam sambutannya Dr. Didi menyampaikan bahwa sangat penting untuk para generasi milenial hingga Gen Z saat ini untuk memiliki skill di bidang IT. Salah satunya adalah menjadi programmer.

“Menyongsong Era Industri 4.0 dan Society 5.0, mahasiswa memiliki peran penting dalam mengontrol berbagai perubahan terutama bagi Indonesia kearah yang lebih baik,”katanya.

Sementara Sony memaparkan materi tentang bagaimana menjadi seorang programmer muda di era yang serba mengandalkan teknologi ini. Hal ini selaras dengan salah satu target lulusan Prodi SI Kampus Pontianak adalah mencetak mahasiswa untuk menjadi seorang programmer.

“Kenapa di era industri 4.0 dan society 5.0 programmer itu sangat dibutuhkan? Karena pada industri 4.0 dan society 5.0 penyelesaian masalah melalui sistem yang sangat mengintegrasikan antara ruang maya dan ruang fisik. Indonesia sendiri sedang bergerak maju menuju ekonomi digital dan smart goverment, sehingga akan semakin banyak kebutuhan programmer handal untuk membangun ekonomi digital dan smart government tersebut,”papar Sony.

Menurutnya ini salah satu peluang emas yang harus dimanfaatkan UBSI yang sangat peduli terhadap pengembangan softskill mahasiswa.

“Webinar ini juga bertujuan meningkatkan bibit Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memiliki  keintelektualan, kreativitas, inovatif dan berakhlak mulia yang cukup berpotensi sehingga dapat menggunakan keilmuannya dalam kehidupan masyarakat,”tutur Sony.

Ia juga menambahkan, untuk memenuhi tuntutan ini maka mahasiswa harus dibekali dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan terutama dimasa pandemi Covid-19 ini. Meskipun menjalani aktivitas perkuliahan dari rumah mahasiswa Sistem Informasi Kampus Pontianak harus tetap produktif.

“Kemampuan dalam menganalisa kebutuhan sistem, design sistem, pengkodean program dan pengujian program harus terus diasah untuk menjadi seorang programmer yang baik,”jelas Kaprodi SI UBSI Pontianak itu.

1 Comment
  1. johnanz says

    hi all

Leave A Reply

Your email address will not be published.