SISTEM PRAKTIK KERJA TERPADU (SIPADU) PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

0 45

Jakarta Bsi-News

Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI) kali ini tentang pembekalan mahasiswa dalam rangka persiapan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan rutin yang senantiasa diagendakan setiap Semester Genap hanya diikuti oleh mahasiswa Semester IV yang dikemas dalam bentuk Sosialisasi PKL. Pelaksanaannnya sendiri tetap mengedepankan pysical distancing dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga sosialisasi berjalan dengan baik secara daring. Sosialisasi SIPADU yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2020, diikuti oleh 1388 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 sesi yaitu sesi 1 jam 10.00-11.30 lalu sesi 2 jam 13.00-14.30 lanjut lagi sesi 3 jam 15.00-16.30.

Kegiatan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU) ini menghadirkan Hilda Amalia, M. Kom sebagai Narasumber pertama yang memaparkan Sosialisasi PKL, Sriyadi, M.Kom sebagai Narasumber kedua memaparkan materi seputar Tugas Akhir dan dipandu oleh Eni Irfiani, M. Kom sebagai moderator. Eni Irfiani diawal pembukaan memaparkan SIPADU sebagai wadah kegiatan Program Studi untuk mensinergikan antara mata kuliah PKL dan Tugas Akhir, dengan harapan bahwa efisiensi, produktifitas dan kualitas output dari pelaksanaan PKL dan Tugas Akhir dapat terwujud.

Materi yang disampaikan oleh Hilda Amelia berfokus pada penyesuaian metode pelaksanaan PKL dengan kondisi masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Mahasiswa yang melakukan PKL dapat menggunakan 3 metode pengumpulan data, diantaranya magang, riset lapangan dan riset online. Lebih detil metode magang dapat dilaksanakan selama 1-3 bulan atau menyesuaikan dengan persetujuan dari perusahaan. Skema magang sendiri mahasiswa dapat memilih Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), Magang di perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba dan Magang Wirausaha menjadi pilihan bagi mahasiswa yang sudah memiliki usaha. Riset lapangan menjadi metode yang kedua bagi mahasiswa dan dosen dengan target menghasilkan karya/inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Riset online dapat dipergunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan berbagai data dan informasi dengan mendapatkan persetujuan organisasi.

Terkait bagaimana mahasiswa dapat melakukan PKL dan dipadukan dengan Tugas Akhir, Sriyadi memaparkan bahwa outline PKL dan Tugas Akhir sudah dipersiapkan untuk menjembatani mahasiswa dalam rangka menuangkan ide dan inovasi dari pengetahuan, keterampilan, pengalaman mahasiswa baik belajar di kampus maupun diluar kampus (seperti PKL). Outline Tugas Akhir perancangan sistem produk akhir dari capaian pembelajaran sebagai sistem analis, 2 outline perancangan program dan proyek inovasi menjadi pilihan mahasiswa sebagai produk akhir kompetensi mahasiswa sebagai sistem analis dan programmer.  Diakhir pemaparannya, sriyadi menegaskan bahwa PKL dan Tugas Akhir menjadi media yang paling cocok mahasiswa untuk menjawab tantangan dunia kerja menghasilkan karya aplikasi yang siap diimplementasikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.