Solusi Big Data Pada Era Industri

1 59

Webinar UBSI  Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Teknik Industri

Jakarta Bsi-News

Program Studi Teknik Industri Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sukses menyelenggarakan Webinar Notable Expert Talk (NEXT) pada hari Sabtu (15/08/2020). Webinar dilaksanakan pada pukul 10.00-11.30 WIB melalui platform Zoom Video Conference dan ditayangkan secara langsung melalui channel Youtube Universitas Bina Sarana Informatika. Acara bertema Solusi Big Data Pada Era Industri”. Webinar tersebut diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ade Suryanto, M.Kom, selaku moderator. Tujuan acara tersebut digelar untuk memberikan wawasan mengenai big data diera industri dan memberikan motivasi serta edukasi kepada masyarakat, khususnya di dunia industri untuk dapat menyikapi masa pandemi ini dengan tetap produktif, dan berinovasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Indonesia termasuk sebagai salah satu yang mengalami peningkatan perubahan di era revolusi industri 4.0, maka dari itu sumber daya manusia dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga perubahan era ini tidak lagi menjadi masalah besar.

Selanjutnya sambutan oleh Ketua Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi, yakni Suparman HL., S.Sos., M.Si menuturkan “Kegiatan ini memberikan wawasan bagi kita semua untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan yang harus dimiliki dan selalu siap berkompetisi di dunia kerja pada era industri 4.0, dengan banyaknya data dengan karakteristik 3V (volume, variety, velocity) baik Terstruktur, Semi Terstruktur maupun Tidak Terstruktur” ujarnya.

Webinar ini menghadirkan Ketua Program Studi Teknik Industri, yakni Miwan Kurniawan Hidayat, S.T, M.Kom. Ia merupakan pakar dibidang Information System, Database System, dan Computer Networking. Pada materi yang disampaikan “Big data memiliki karakteristik 3V, Volume adalah data yang disimpan dalam jumlah yang besar, Variety adalah Berbagi macam variasi format data, dan Velocity adalah Kebutuhan untuk dapat mengakses data besar tersebut dengan cepat.” papar Miwan.

Peserta sangat antusias mengikuti acara webinar tersebut, dengan diajukannya beberapa pertanyaan seperti yang dilakukan oleh Happy Candarelaka dari Kementrian Kesehatan yang minta penjelasan tentang dalam big data akan banyak sekali record. Untuk menghasilkan kecepatan pencarian, selain didukung oleh komputasi yang luar biasa harus ada juga struktur data yang handal. Bagaimana struktur data yang sebaiknya agar dapat dihasilkan metode pencarian yang luar biasa cepat.

Selain itu narasumber menjelaskan tentang pemanfaatan data yang semakin berkembang dan tidak terbatas dalam era industri 4.0 seperti Penghematan biaya, Teknologi analisis Big data membawa pengurangan biaya yang signifikan dalam hal untuk menyimpan data set dalam jumlah besar, lebih cepat dan baik dalam pengambilan keputusan, dengan kecepatan teknologi big data dalam melakukan analisis dengan kemampuan untuk menganalisis berbagai macam sumber data baru, membuat bisnis mampu menganalisis informasi dengan cepat dan membuat keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut, melahirkan produk dan pelayanan baru, dengan kemampuan mengukur kebutuhan dan kepuasan pelanggan mendatangkan keunggulan dari bisnis untuk menciptakan produk dan layanan baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan. “Banyak organisasi di dunia yang mengalami kesulitan dalam mengelola data yang volumenya makin bertumbuh dan jenisnya yang makin kompleks, data yang terus berkembang dan makin kompleks harus dianalisa untuk menemukan arti atau nilai dari data. Big data adalah inti dari Industri 4.0, sedangkan manusia sebagai pengawas.” ujarnya.

Acara tersebut ditutup oleh moderator dengan kesimpulan “Kemunculan teknologi analisis big data memberikan solusi bagi bisnis untuk mendapatkan hasil analisis segera bahkan realtime sekalipun, sehingga memberikan bisnis keunggulan dalam berkompetisi. Analisis Big Data membantu organisasi memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang-peluang baru yang menyebabkan bisnis bergerak lebih cerdas dan cepat karena didukung oleh operasional yang lebih efisien dan pada akhirnya mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi serta meningkatkan kepuasan pelanggan” ujar moderator.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Solusi Big Data Pada Era Industri […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.