UBSI Berikan Gambaran untuk Bertahan di Era Pandemi dengan Peran dari Teknologi Informasi

0 67

Jakarta Bsi-News

UBSI Kampus Kota Surakarta kembali persembahkan Webinar UBSI Next (Notable Expert Talk). Pandemi Covid-19 tentu masih terasa dampaknya hingga kini. Sejak virus mewabah ke seluruh negeri, tanah air termasuk negara yang jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan. Dampak dari Pandemi telah meluas dari berbagai aspek. Dengan adanya pandemi, justru kesadaran manusia untuk memanfaatkan teknologi semakin meningkat. Oleh karena itu, UBSI mempersembahkan webinar dengan tema The Role of Information Technology to Survive during Covid-19.

Webinar kali ini dilaksanakan pada Sabtu, 22 Agustus 2020 dimulai dari pukul 10.00 WIB – 11.30 WIB. Pada kesempatan kali ini, Ibu Candra Agustina,M.Kom, Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Surakarta hadir sebagai narasumber. Acara dipandu oleh seorang moderator yaitu Bapak Doddy Satrya Perbawa,M.Kom (Dosen UBSI). Acara dibuka oleh Bapak Suparman HL, S.Sos, M,Si, selaku Kepala BPMA UBSI. Dalam sambutannya, Bapak Suparman juga menyampaikan kepada para peserta agar dapat mengikuti acara dengan baik dan juga turut berpartisipasi dalam event webinar UBSI selanjutnya.

“Di era pandemi, penggunaan media sosial diharapkan informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan cepat. Hal-hal yang negatif tentu tidak dapat dihindari, oleh karena itu harus kembali ke diri kita untuk memfilter dengan baik setiap informasi yang diterima. Pelaksanaan pendidikan juga sangat dibantu dengan peran teknologi. Dengan adanya teknologi informasi, pendidikan dapat terus dijalankan tanpa mengenal tempat dan waktu. Literasi teknologi informasi menjadi sangat penting untuk dapat tetap beraktifitas di era pandemi. Untuk dapat memperoleh informasi yang bermanfaat, maka terus ikuti webinar-webinar UBSI selanjutnya”. Ucap Bapak Suparman.

Setelah Bapak Suparman menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yaitu Ibu Candra Agustina,M.Kom. Ibu Candra menyampaikan terkait dengan peran teknologi dengan TAM (Technologi Acceptance Model). Peran teknologi menjadi sangat penting karena terkait dengan kebijakan physical distancing. Seiring berjalannya waktu, dengan program New Normal, peran teknologi tentu lebih ditingkatkan. Walaupun sudah menggunakan konsep New Normal, bukan berarti Indonesia bebas Covid. Hingga saat ini jumlah penederita yang terkonfirmasi terus bertambah walau diiringi dengan bertambahnya juga jumlah pasien yang dinyatakan sembuh.

Selain itu, Ibu Candra juga memberikan dampak Covid-19 dari berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, dan politik serta peran teknologi dalam setiap sektor agar tetap kepentingan dapat dijalankan. “Adanya Covid-19 menjadikan peran teknologi sangat penting sehingga hampir semua aktivitas dapat dilakukan di rumah saja. Walalupun demikian, kita harus tetap produktif, karena dengan dilaksanakan di rumah, tentu kita akan memiliki waktu lebih banyak. Hal itu membuat kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang berguna”, tutur Ibu Candra.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan waktu yang pasti berakhinrya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi akan terus dilakukan guna membantu aktivitas manusia agar selalu dapat dijalankan. UBSI juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan dan peran teknologi melalui webinar-webinar yang dilaksanakan. Dengan adanya pandemi, semua orang harus bisa bangkit dan menerapkan New Normal dengan memaksimalkan peran teknologi.(eat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.